Sukses

Selain Batu Ginjal Dorce Gamalama Juga Idap Diabetes

Takhanya menderita batu ginjal Dorce Gamalama juga mengidap diabetes

Liputan6.com, Jakarta Dorce Gamalama kini sedang menjalani pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal yang sudah dua bulan ini dideritanya.

Ternyata, tak hanya penyakit batu ginjal yang bersarang di tubuh Dorce Gamalama. Aktris senior serba bisa ini juga menderita penyakit gula atau diabetes sejak beberapa tahun lalu.

Menurut Dorce Gamalama, penyakit tersebut diderita lantaran ia terlalu banyak makan dan ditambah oleh  faktor genetik.

"Kalau gula sudah dari dulu cuma dulu, memang faktor makanan. Tadinya kan saya rakus tuh, apa saja dimakan. Nah, sebenarnya itu juga sudah turunan ya, dari ibu saya, nenek saya juga dapat (gula)," ujar Dorce Gamalama, saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (15/5/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Boleh Depresi

Menderita dua penyakit sekaligus membuat Dorce Gamalama harus berusaha sebisa mungkin untuk tetap bahagia. Sebab penderita penyakit diabetes tidak boleh depresi karena akan mempengaruhi kadar gula yang ada di dalam tubuhnya.

"Sebenarnya sih, pokoknya saya enggak boleh drop. Artinya gini, saya enggak boleh depresi, saya enggak boleh memikirkan hal yang negatif. Memang (penderita) gula itu kan enggak boleh drop. Kalau dia drop, dia bisa mempengaruhi gulanya," ujar Dorce Gamalama.

 

3 dari 3 halaman

Konsumsi Gula

Meski menderita penyakit gula namun bukan berati Dorce Gamalama berhenti mengkonsumsi gula. Ia tetap menggunakan gula dalam setiap hidangannya namun pmanis khusus untuk penderita diabetes.

"Makanya harus tetap pakai gula, cuma gulanya yang manisnya dari alami. Kalau nggak pakai gula jagung, kayak gitu," kata Dorce Gamalama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini