Sukses

Sakit Batu Ginjal, Dorce Gamalama Pilih Pengobatan Tradisional

Idap penyakit batu ginjal, Dorce Gamalama pilih penyembuhan secara tradisional.

Liputan6.com, Jakarta - Lama menghilang, ternyata Dorce Gamalama tengah menderita sakit batu ginjal. Saat mengetahui penyakit tersebut bersarang di tubuhnya, Dorce Gamalama berencana untuk melakukan operasi untuk mengangkat batu ginjal tersebut.

Namun Dorce Gamalama mendapat saran teman untuk menjalani pengobatan tradisional sehingga tak perlu lagi operasi. Dorce Gamalama langsung memikirkan dengan matang, saran tersebut.

"Kemarin mau diangkat (operasi), cuma kata teman saya coba minum obat tradisional dulu. Saya lagi coba, mudah-mudahan. Biasanya sampai ke punggung-punggung sakit banget. Sekarang alhamdulillah sih mendingan, ada obat tradisional yang saya minum," ujar Dorce Gamalama, saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (15/5/2019).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Pengobatan Tradisional

Alasan lainnya Dorce Gamalama memilih menjalani pengobatan tradisional, karena ia dijadwalkan menjalani operasi batu ginjal sebelum Ramadan. Ia tak mau puasanya terganggu.

"Waktu itu pas mau diangkat saya bilang, 'Jangan dulu deh, mau puasa entar aja abis Lebaran'," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tak Takut

Meski tak sesegera mungkin menjalani operasi, namun Dorce Gamalama tak khawatir penyakitnya semakin parah. Terpenting, ia tidak menyantap makanan berlemak yang bisa membuat penyakitnya semakin menjadi.

"Parah sih enggak. Waktu di USG batunya tuh masih kecil-kecil gitu. Cuma saya enggak boleh makan santan, enggak boleh makan yang berlemak. Tapi alhamdulillah sih masih produktif. Alhamdulillah masih kuat lah. Kemarin waktu lauching album juga alhamdulillah masih banyak teman-teman yang datang gitu," kata Dorce Gamalama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.