Cerita Yayan Ruhian Ajarkan Pencak Silat kepada Keanu Reeves

Oleh Liputan6.com pada 15 Mei 2019, 11:40 WIB
Keanu Reeves

Liputan6.com, Jakarta - Bulan ini aktor Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman menorehkan prestasi membanggakan. Keduanya mendampingi Keanu Reeves di film John Wick Chapter 3: Parabellum. Dalam film ini, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman berinteraksi bahkan terlibat baku hantam dengan Keanu Reeves.

Dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com, Yayan Ruhian menyebut syuting bersama Keanu Reeves berjalan mulus.

Di lokasi syuting, ada momen yang tak dapat dilupakan oleh Yayan Ruhian. Dikisahkan Yayan Ruhian, Keanu Reeves dan timnya telah menyusun koreografi pertarungan namun secara teknis mereka tetap memberikan keleluasaan kepada kedua aktor Indonesia ini.

“Artinya kami diberi ruang gerak leluasa untuk membuat gerakan tarung. Bahkan, ada beberapa teknik pencak silat yang kami pikir terlalu sulit (dilakukan bersama Keanu Reeves). Namun saat kami permudah dan sederhanakan, Keanu Reeves menolak serta mengatakan, ‘Jangan, saya harus bisa melakukan gerakan ini,’” kenang Yayan Ruhian di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Yayan Ruhian menambahkan, “Keanu Reeves memperlihatkan niat baik untuk mempelajari bagian dari pencak silat. Itu membanggakan bagi saya. Ada rangkaian jurus yang diperlihatkannya dalam film.”

2 of 2

Terselip Kesedihan

Yayan Ruhian
Yayan Ruhian (Wayan Diananto/Liputan6.com)

Saat Keanu Reeves merespons gerakan pencak silat, terselip kesedihan di benak Yayan Ruhian. Dalam pandangan Yayan Ruhian, masih banyak generasi muda Indonesia yang enggan mencintai pencak silat. Inilah tantangan yang harus dijawab oleh Yayan Ruhian maupun penggiat pencak silat lainnya.

“Sampai saat ini saya masih bertanya-tanya mengapa pencak silat tidak dibanggakan oleh warga negara kita. Saya khawatir lima atau sepuluh tahun ke depan justru orang asing yang lebih cinta dan mengajarkan pencak silat kepada kita,” ujar Yayan Ruhian seraya menambahkan, “Pencak silat bukan sekadar seni bela diri. Dalam pencak silat ada unsur silaturahmi, bela diri, seni, dan mental spiritual.” (Wayan Lovely)

Lanjutkan Membaca ↓