Film Bebas Diadaptasi dari Sinema Korea, Mira Lesmana Lakukan Perubahan Ini

Oleh Liputan6.com pada 12 Mei 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2019, 07:45 WIB
[Fimela] Preskon Film Bebas

Liputan6.com, Jakarta Film Korea Selatan Sunny diadaptasi ke dalam versi Indonesia yang bertajuk Bebas, oleh sineas kawakan Tanah Air, Riri Riza dan Mira Lesmana. Tentu saja sejumlah penyesuaian dilakukan dalam film versi lokal ini. 

"Yang jelas kita membuat ini menjadi film Indonesia, bukan film Indonesia dengan citarasa Korea, jadi semua karakter harus Indonesia dari gaya hidup. Dan ketika kita gambarkan sekolah tahun 90-an, nomor satu kita putuskan tidak menggambarkan sebagai sekolah perempuan meski Sunny bersetting di sekolah khusus perempuan," tutur Mira Lesmana selaku produser Bebas dalam jumpa pers di kawasan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019) kemarin.

Mira melanjutkan, "Di Jakarta saat itu sekolah perempuan hanya Santa Ursula dan Tarakanita, bukan sesuatu yang familiar untuk banyak orang."

Perbedaan selanjutnya dalam Bebas dihadirkan satu tokoh cowok dalam lingkar pertemanan siswi-siswi SMA ini. Penyesuaian tersebut merupakan tindak lanjut perubahan setting dari sekolah khusus perempuan menjadi sekolah biasa.

"Lalu dalam pertemanannya kalau di Sunny hanya cewek-cewek, di Bebas kita putuskan ada satu cowok yang ikut tergabung dalam geng. Kita juga memutuskan hilangkan satu karakter. Kalau di Sunny tujuh orang, kita cuma enam. Jadi ada hal-hal yang kita create sendiri untuk menjadikannya lebih Indonesia, lebih cocok buat kita semua," tandas Mira Lesmana.

2 of 2

Film Bebas

[Fimela] Mira Lesmana
Konferensi Pers Film " Bebas" (Nurwahyunan/Fimela.com)

Ber-setting tahun ajaran 1995-1996, film ini berkisah tentang geng SMA bernama Bebas yang diketuai oleh Kris (Sheryl Sheinafia) dan beranggotakan Jessica (Agatha Pricilla), Gina (Zulfa Maharani), Jojo (Baskara Mahendra) serta Suci (Lutesha). Saat Vina (Maizura) yang notabene anak pindahan dari Jawa Barat bergabung dalam geng itu, terjadi sebuah konflik internal.

Cerita lalu melaju pada tahun 2019 ketika Kris dewasa (Susan Bachtiar) divonis akan meninggal dalam waktu dekat. Ia lalu meminta bantuan Vina (Marsha Timothy) untuk kembali mengumpulkan teman-teman dalam geng yang tercerai berai karena sebuah tragedi di pengujung SMA.

Drama komedi yang naskahnya ditulis oleh Gina S Noer ini direncanakan rilis pada Oktober 2019. Sementara untuk tanggal pasti penayangan baru akan diungkap bulan Juli mendatang.

(Kapanlagi.com/ Sora Soraya)

Lanjutkan Membaca ↓