Sukses

Ria Irawan Rekomendasikan 3 Film Jadul Ini untuk Generasi Milenial

Ria Irawan menyebut Indonesia memiliki banyak film bagus yang tak lekang dimakan zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Membintangi lebih dari 50 film sejak dekade 1970-an, Ria Irawan aktif berkarier hingga kini. Tahun ini misalnya, Ria Irawan membintangi film Mantan Manten, Kuambil Lagi Hatiku, dan Bumi Itu Bulat.

Berkarier selama tiga dekade lebih, Ria Irawan menyebut Indonesia memiliki banyak film bagus yang tak lekang dimakan zaman.

“Ada film tempo dulu yang ditonton sampai sekarang tetap relevan, ada pula film yang menandai zaman karena menggunakan teknologi yang kini sudah tidak dipakai. Saya pikir menonton lagi film Indonesia jadul membuat kita belajar banyak hal,” terang Ria Irawan, belum lama ini.

Untuk generasi milenial, Ria Irawan merekomendasikan tiga film Indonesia berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ibunda (Teguh Karya, 1986)

Menurut Ria Irawan, kesan pertama menonton film ini, konfigurasi pemainnya keren banget. “Bagi saya, Ibunda adalah standar film dengan deretan pemain ciamik pada zamannya. Ada Tutie Indra Malaon, Niniek L Karim, Alex Komang, dan masih banyak lagi," ucapnya.

"Setelah kebangkitan film Indonesia, film dengan deretan pemain berkelas jarang kita temukan. Berbagi Suami karya Nia Dinata bisa dibilang mendekati Ibunda,” ulas Ria Irawan.

3 dari 4 halaman

Ratu Amplop (Nawi Ismail, 1974)

Ratu Amplop salah satu film komedi legendaris di era Generasi Bunga. Selain melambungkan nama Benyamin S, film ini melahirkan sosok ikonis Ratmi B-29. Saking fenomenanya, Ria Irawan hingga kini masih terobsesi ingin menjadi Ratmi B-29.

“Saya pengin banget membintangi Ratu Amplop dan terobsesi menjadi Ratmi B-29. Sayang hidung saya terlalu mancung,” beber Ria Irawan.

4 dari 4 halaman

Darna Ajaib (Lilik Sudjio, 1980)

“Darna Ajaib menempatkan Lydia Kandou sebagai Wonder Woman versi Indonesia. Menyaksikan film ini bagai menyelami dunia fantasi dengan sentuhan horor yang cukup kental,” Ria Irawan mengingat.

Di tengah keterbatasan teknologi, kentara sekali sineas Indonesia berupaya berinovasi dengan ide cerita dan visualisasi yang memukau lewat film ini. Darna Ajaib merupakan adaptasi dari komik Darna karya Armin Tanjung. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini