Alasan Riri Riza Merekrut Pendatang Baru Untuk Film Bebas

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2019, 10:20 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 11:41 WIB
[Fimela] Riri Riza

Liputan6.com, Jakarta - Sineas Riri Riza tengah memproduksi film Bebas. Film ini diperkuat sejumlah bintang ternama di antaranya Marsha Timothy, Baim Wong, Widi Mulia, dan Amanda Rawles.

Selain mereka, Riri Riza dan Mira Lesmana melirik beberapa pendatang baru seperti, Baskara Mahendra, Agatha Pricilla, dan Maizura. 

Banyak yang berpendapat merangkul pendatang baru sangat berisiko. Selain kurang dikenal publik, mereka harus dibimbing sejak awal soal pendalaman peran hingga teknik berakting.

Namun Riri Riza punya alasan berbeda. “Dalam memilih pemain baru harus ada argumen kuat. Kita harus percaya dia punya bakat, karena tidak semua pendatang baru berbakat. Kalau dia berbakat, 50 persen pekerjaan sutradara sudah dicicil,” urai Riri Riza kepada Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

 

2 of 3

Rekrutan Berhasil

[Fimela] Riri Riza
Riri Riza (Daniel Kampua/Fimela.com)

Ini bukan kali pertama Riri Riza merekrut pendatang baru untuk proyek layar lebar. Rachel Maryam misalnya, kali pertama ditemukan Riri Riza untuk film Eliana, Eliana!

Kala itu, aktingnya mendapat banyak pujian. Untuk film Laskar Pelangi yang ditonton 4,7 juta orang, Riri Riza mengaudisi anak-anak asli Belitung. Anak-anak ini kemudian dinilai sukses menghidupkan cerita buatan Andrea Hirata.

 

3 of 3

Proses Belajar

[Bintang] Riri Riza
Riri Riza (Bambang E. Ros/bintang.com)

“Untuk film Bebas, saya butuh para pendatang baru yang punya purity dan kepolosan untuk menghidupkan karakter di film ini. Awalnya terasa berat. Saya harus memberi pengantar apa itu naskah, reading, dan kerja kolektif di lokasi syuting kepada mereka. Pada akhirnya proses belajar, kemauan beradaptasi dan bekerja sama membuat mereka tampil prima,” pungkas Riri Riza.

(Wayan Diananto)

Lanjutkan Membaca ↓