Para Seleb Dunia Berduka atas Kebakaran Notre Dame Paris

Oleh Liputan6.com pada 16 Apr 2019, 11:50 WIB
Diperbarui 16 Apr 2019, 11:50 WIB
Katedral Notre Dame di Paris Terbakar

Liputan6.com, Paris - Baru-baru ini, kebakaran hebat baru saja terjadi di Katedral Notre Dame, salah satu gereja yang menjadi ikon tujuan pariwisata di kota Paris, Prancis.

Dilansir dari NBC News (16/4/2019), kurang lebih 400 pemadam kebakaran telah diturunkan ke Notre Dame dan berusaha sekeras mungkin untuk memadamkan api di salah satu situs paling berharga di Prancis tersebut.

Pada Selasa pagi, Presiden Emmanuel Macron mengumumkan bahwa pintu masuk katedral dan dua menara, yang sering menjadi latar belakang foto wisatawan, selamat dari kehancuran.

Sepanjang hari, berita mengenai terbakarnya Notre Dame telah menjadi trending topic di berbagai media sosial. Sejumlah tokoh dunia ikut berkomentar soal hal ini. 

2 dari 3 halaman

Obama dan Donald Trump

Gaya Obama Menggulung Lengan Baju
Barack Obama. (AFP Photo/Mandel Ngan)

Orang nomor 1 Amerika Serikat, Presiden Donald Trump juga merasa miris atas kejadian ini. "Sungguh mengerikan menyaksikan kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Paris. Mungkin tanker air terbang bisa digunakan untuk memadamkannya. Harus bertindak cepat!" ujarnya di media sosial.

Mantan Presiden Barack Obama ikut merasakan kehilangan atas kejadian kebakaran hebat ini. Ia mengunggah foto keluarganya saat mengunjungi Katedral Notre Dame.

"Notre Dame adalah salah satu harta karun terbesar di dunia, dan kami bersama rakyat Prancis di saat duka ini. Adalah sifat kita untuk berduka ketika kita melihat sejarah hilang — tetapi juga sifat kita untuk membangun kembali, sekuat yang kita bisa," tulisnya di Instagram.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi Hollywood

[Bintang] Dua Lipa
Dua Lipa saat hadir di Brit Awards 2018. (Foto: AFP / Tolga AKMEN)

Banyak juga artis-artis Hollywood yang ikut mengungkapkan kesedihannya di media sosial mereka.

"Hatiku hancur melihat api di Notre Dame. Saya tidak akan pernah lupa ketika saya pertama kali berjalan-jalan di sana dan kagum akan keindahannya," ujar @Camila_Cabello lewat Twitter.

"Begitu banyak sejarah yang runtuh di depan mata kita. Turut berduka (atas kejadian) di Notre-dame dan Paris," cuit Dua Lipa.

"Merasa sangat sedih tentang hal ini... begitu banyak yang hilang dalam beberapa detik...Saya berdoa (yang mana tidak sering saya lakukan) agar api dapat segera diatasi... benar-benar memilukan," kata Ellie Goulding. (Alda Monica/mgg)

Lanjutkan Membaca ↓