Sambut Game of Thrones Season 8 dengan Deretan Fakta Menarik

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 14 Apr 2019, 12:00 WIB
[Bintang] Game of Thrones

Liputan6.com, Jakarta - Game of Thrones Season 8 menjadi serial paling ditunggu tahun ini. Pasalnya, ini akan menjadi musim terakhir dari kisah tujuh kerajaan di benua fiksi Westeros. Penayangannya pun tinggal menghitung hari.

Sebelum menyaksikan enam episode Game of Thrones Season 8, rasa tak lengkap bila kita hanya membahas seputar cerita dan karakternya. Hal-hal terkait fakta serial besutan HBO ini pun cukup menarik untuk diketahui.

Beberapa fakta yang pernah menghiasi penayangan Game of Thrones ini sebenarnya mungkin sudah banyak diketahui fans setianya. Namun tak salah bila kita membukanya kembali, melalui informasi dari HBO yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Tayang pertama kali pada 17 April 2011, Game of Thrones awalnya disiarkan di 207 negara dengan jumlah penonton di setiap musimnya terus bertambah. Di AS saja, season pertama hanya disaksikan 9,3 juta penonton. Namun pada season 7, serial ini sudah disaksikan sebanyak 32,8 juta penonton.

2 of 3

Syuting di 10 Negara hingga Efek Visual

Game of Thrones
Game of Thrones (HBO/E!)

Sejak season pertama hingga Game of Thrones Season 8, serial ini telah melalui masa syuting di 10 negara, yakni Irlandia Utara, Republik Irlandia, Maroko, Malta, Spanyol, Kroasia, Islandia, Amerika Serikat, Kanada, dan Skotlandia. Khusus di Irlandia, sudah 50 lokasi yang dijadikan lokasi syuting.

Hingga season 8, serial ini telah menggunakan pemain tambahan alias figuran sebanyak 12.986 orang di Irlandia Utara dengan 2 ribu kru asal Irlandia Utara di sepanjang season 8. Terhitung sudah 105.846 hari para pemain tambahan terlibat keseluruhan season dari berbagai negara.

Perkembangan efek visual alias VFX serial ini cukup jauh jika kita mengamati secara langsung antara season pertama dan ketujuh. Maklum saja, serial ini telah menggunakan jasa 40 rumah produksi VFX di 13 negara, yaitu AS, Kanada, Inggris, Irlandia Utara, Spanyol, Jerman, Australia, Selandia Baru, Irlandia, China, Perancis, Swedia dan India.

Sudah ada 13.250 kali pengambilan gambar dengan efek visual selama tujuh season. Proses pascaproduksi setiap season saja menghabiskan waktu puluhan minggu. Season delapan terbilang panjang, yakni sebanyak 42 minggu.

3 of 3

Ribuan Wig hingga Penghargaan

[Bintang] Game of Thrones
Jadi, untuk kamu yang merupakan fans berat Game of Thrones sebaiknya bersabar. Kesabaranmu pasti membuahkan kepuasan yang luar biasa di akhir. (HBO)

Selama delapan season, Game of Thrones telah menggunakan 12.137 rambut palsu dan jepit rambut. Warna dan gaya rambut Deanerys saja merupakan hasil dari pengujian selama dua bulan dan tujuh prototipe.

Lebih menarik lagi, selama delapan season juga, tim studio mengeluarkan 19.722 dokumen perjalanan, menyewa 68.143 kamar hotel, mengeluarkan 1.749 lembar surat, dan 243 jadwal pengambilan gambar.

Dan yang tak kala pentingnya, tujuh season Game of Thrones telah mendapatkan 132 nominasi Emmy dengan 47 kemenangan. Lalu tujuh nominasi Golden Globe dengan satu kemenangan, 18 nominasi SAG Award dengan tujuh kemenangan, 17 nominasi Critics' Choice Award dengan satu kemenangan, serta memenangkan tujuh AFI award.

Game of Thrones Season 8 yang difilmkan di Irlandia Utara, Spanyol, Islandia, dan Kanada, akan mengudara di Asia bersamaan waktunya dengan A.S. Di Indonesia, serial ini tayang pada Senin, 15 April pukul 08.00 WIB. Penayangan ulangnya diputar di hari yang sama pada pukul 21.00 WIB di HBO.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by