Andien Mendidik Anak dengan Lagu Ciptaan Sendiri

Oleh Liputan6.com pada 04 Apr 2019, 10:40 WIB
[Fimela] Andien

Liputan6.com, Jakarta - Andien Aisyah punya cara yang cukup unik dalam hal mendidik anak. Wanita 33 tahun itu, selalu mengajari buah hatinya, Anaku Askara Biru, melalui lagu-lagu yang ia ciptakan sendiri.

Menurut Andien, hal tersebut cukup bermanfaat untuk mengajarkan sesuatu kepada Kawa, panggilan akrab anaknya, terhadap hal-hal baru demi perkembangannya.

"Membiasakan (mengajari sesuatu pakai lagu). Jadi membangun habit-habit (kebiasaan), dikaitkan dengan musik. Kayak bangun pagi, mandi, makan. Sebenarnya ini memudahkan aku juga menyampaikan pesan tanpa memaksa," ungkap Andien Aisyah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Andien menambahkan bahwa setiap kegiatan dengan anaknya selalu ada lagunya masing-masing. "Semua ada nyanyiannya sendiri. Kayak mau mandi, setelah makan, nyiram pohon-pohon, jadi ada lagunya," terangnya.

2 of 3

Bisa Diterima

Potret Liburan Keluarga Andien ke Swiss
Andien dan Ippe mengajak serta Kawa untuk berlibur ke Swiss. Penasaran? (Liputan6/pool/SweetEscape)

Diakui Andien, metode unik yang ia terapkan untuk mendidik Kawa ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, menyampaikan sesuatu dengan nyanyian bisa lebih bisa diterima oleh anak-anak.

"Musik itu media untuk menyampaikan banyak hal baik. Aku juga banyak baca literasi dan tertarik tentang edukasi yang libatkan musik untuk anak-anak usia dini, mereka kan attach sama musik. Dengan kita berbahasa melalui musik, mudah diterima sama mereka," kata Andien.

3 of 3

Lebih Menyenangkan

[Bintang] Andien dan Kawa
Kali ini, Andien mengajak Kawa liburan ke Laut. Di foto ini terlihat keduanya sedang berada di sebuah kapal, dan Kawa terlihat senang banget ada di gendongan ibunya. (Instagram/andienaisyah)

Di samping itu, penyanyi bernama lengkap Andini Aisyah Hariadi itu juga mengatakan, menyampaikan pesan kepada anak lewat musik lebih menyenangkan. Hal itu pun akhirnya akan memberikan kedekatan emosional tersendiri bagi kedua belah pihak yang terbangun secara positif.

"Kan kalau kita nyanyi juga ada emosi yang tersampaikan, beda sama kalau kita ngomong. Mungkin ngomongnya tinggi, tapi kalau nyanyi kan ada rasa senang, rasa mengayomi," pungkas Andien Aisyah.

(Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Lanjutkan Membaca ↓