Benny Simanjuntak, Pelopor Manajemen Artis Indonesia

Oleh Aditia Saputra pada 03 Apr 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 03 Apr 2019, 10:30 WIB
Benny Simanjuntak

Liputan6.com, Jakarta Nama Benny Simanjuntak atau Benny Contoh nyaring terdengar di era tahun 90-an hingga 2000-an. Maklum saja, dari tangan dinginnya, banyak lahir artis-artis muda berbakat.  Dari mulai Indra Brugman sampai dengan Masayu Anastasia.

Benny Simanjuntak memang membuat perusahaan manajemen artisnya dikenal orang. Bahkan, beberapa orang pun mengikuti langkahnya. Padahal, Benny sendiri merupakan anak rantau dari Medan yang mengadu nasib di Jakarta.

"Saya pertama kali ikut mbak Tjammy (Sjamsidar Isa), kepala desainer di Indonesia. Saat itu saya dan teman-teman sebagai dancer dan model. Kita ikut keliling Indonesia. Setelah itu aku ikut Tarida Gloria, masuk dunia film sehingga lebih kenal dengan banyak artis dan model seperti Inneke Koesherawati sampai Derry Laksmana," ujar Benny Simanjuntak saat ditemui di kawasan Kuningan, baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa Om Ben itu, menceritakan di tahun '90-an dia sering diminta untuk mencari model dan artis untuk pemotretan sampai main drama. Saat itu pria asal Pematang Siantar itu belum mendirikan manajemen artis.

Sampai akhirnya pada tahun 1996, Om Ben akhirnya mendirikan manajemen artis bernama Benny Contoh. Lahirlah artis-artis Anjasmara, Sherly Margareta, Hengky Kurniawan, Steve Emmanuel, Jonathan Frizzy, Masayu Anastasia, Indra Brugman dan masih banyak artis lainnya di bawah asuhan Om Ben.

"Itu sampai 2005. di 2008, saya buka manajemen model internasional. Aku juga punya program di ANTV 'Semua karena Om Ben'. Di 2012 saya jadi direktur eksklusif Asia Pacific Song yang tiap tahunnya mengorbitkan penyanyi ke luar negeri seperti Maria Calista," ujar Benny Simanjuntak.

 

2 dari 3 halaman

Pindah ke Amerika

Benny Simanjuntak bersama anak didiknya Shella Tiatira dan Tere Cia
Liputan6.com

Sekitar tahun 2014, Om Ben pindah ke Amerika Serikat dan meniti karier di sana dengan membuka manajemen artis di Los Angeles. Pria 49 tahun itu tengah mengorbitkan sejumlah artis Indonesia muda yang ingin go international ke Amerika Serikat. 

Salah satu artis Indonesia yang diorbitkan Om Ben di Amerika adalah Beneval. Aktor FTV itu kini tengah menapaki kariernya di industri film Hollywood. Setelah lebih dari satu tahun mengikuti casting sana-sini di Hollywood, awal tahun 2019 ini Beneval mendapatkan peran di drama baru yang akan tayang di Netflix dan film action.

 

3 dari 3 halaman

Kembali ke Indonesia

Benny Simanjuntak
Benny Simanjuntak memperkenalkan lima orang artis berbakat, yaitu Beneval, Derren, Reyno, AJ dan Erick lewat bendera Percikan Indonesia.

Om Ben pun baru saja meresmikan channel Youtube 'Percikan Indonesia'. Channel Youtube Percikan Indonesia yang rilis pada Maret 2019 itu berisikan lima pria yang berkarier di dunia hiburan: Beneval, Derren dan Reyno tengah menapaki kariernya sebagai aktor, sementara AJ dan Erick adalah penyanyi.

Lanjutkan Membaca ↓