Sukses

Ridwan Kamil Resmikan Sudut Film Dilan di Bandung

Sebelumnya, lokasi tersebut disebut-sebut sebagai Taman Dilan.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan satu lokasi yang sebagai salah satu pojok literasi yang dinamakan sebagai Sudut Film Dilan.

Sebelumnya, lokasi tersebut disebut-sebut sebagai Taman Dilan, namun Ridwan Kamil mengubahnya karena menurutnya nama Sudut Film Dilan dirasa lebih sesuai.

Sudut Film Dilan ini berlokasi di salah satu area di GOR Saparua. Peresmian Sudut Film Dilan adalah sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kesuksesan industri film khususnya untuk film Dilan 1991 ini.

"Itu istilah aja. (Kalau) Taman itu kan luas, ada lapangan, gedung, dan lain-lain. Nah ini ada sudut literasi. Namanya Sudut Film Dilan. Itu masalah istilah aja sih,” kata Ridwan Kamil usai melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di Sudut Film Dilan, Minggu (24/2/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Minat Baca

Dengan adanya Sudut Film Dilan ini diharapkan mengembalikan minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Bandung.

"Literasi kita kan buruk. Orang Indonesia kan baca buku males. Supaya kita bisa mengubah kebiasaan menjadi untuk bisa membuat tulisan. Sudut ini kan kurang termanfaatkan, jadi kita ubah menjadi positif,” kata Ridwan Kamil.

 

3 dari 3 halaman

Lokasi Favorit

Vanesha Prescilla, pemeran Milea dalam film Dilan 1990 dan Dilan 1991 ini turut pula menyaksikan prosesi peletakan batu pertama Sudut Film Dilan. Vanesha Prescilla bahkan mengatakan bahwa lokasi ini jadi lokasi favorit yang akan ia kunjungi setiap ke Bandung.

"Ini akan jadi agenda aku kalau ke Bandung,” kata Vanesha Prescilla.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menetapkan, 24 Februari sebagai Dilan Day, bertempat di Ciwalk. Di hari yang sama Kang Emil juga melakukan peletakan batu pertama Taman Dilan yang berlokasi di kawasan GOR Saparua.

“Tango sebagai sponsor utama Film Dilan 1991 sangat mendukung inisiatif yang digagas oleh Kang Emil dan pihak terkait, pada hari ini, mulai dari penetapan Dilan Day hingga peletakan batu pertama pembangunan Taman Dilan. Hal ini sangat positif karena mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, khususnya bidang perfilman” jelas Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, di sela-sela acara Dilan Day, Ciwalk, Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini