Sukses

5 Fakta Menarik Film Alita: Battle Angle, Habiskan Waktu Lebih dari 15 Tahun

Skenario film ini ditulis oleh sutradara ternama, James Cameron.

Liputan6.com, Jakarta Film yang ditunggu-tunggu tahun ini, Alita: Battle Angel akhirnya tayang. Alita: Battle Angel merupakan film yang diadaptasi dari manga terkenal di Jepang berjudul Gunnm (dibaca: Ganmu). Kenapa film ini sangat dinanti-nanti? Salah satu alasannya karena penulis skenario film ini adalah James Cameron yang merupakan sutradara film legendaris Titanic dan Avatar.

Disutradarai oleh Robert Rodriguez, Alita: Batle Angel  menggunakan teknik CGI yang menjadikan adegan-adegan di dalam film ini menjadi sangat ciamik. Film ini bercerita tentang kisah robot perempuan bernama Alita, yang tidak dapat mengingat masa lalunya dan menjadi petarung.

Buat yang penasaran dengan film Alita: Battle Angel ini, berikut ini Liputan6.com lansir dari Fandom, fakta-fakta menarik dari film Alita: Battle Angel yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Adaptasi dari Manga Populer

Awalnya, Alita ini merupakan manga yang diciptakan oleh Yukito Kishiro. Kemudian, Cameron bersama rekan produser lainnya, John Landau, pergi ke Jepang untuk bertemu Kishiro agar mendapatkan izin untuk mejadikan Alita diadaptasi menjadi film. Cameron tetap ingin setia menggunakan gaya manga, dan beberapa elemen yang ia sukai seperti Motorball.

Alita: Battle Angel ini merupakan judul terjemahan, karena untuk judul aslinya sendiri sebenarnya adalah Gunnm. Dibaca Ganmu, yang memiliki artian senjata impian dari negeri matahari terbit. Pada karya aslinya, Gunnm bercerita tentang seorang gadis cyborg yang ditemukan oleh Dr. Dyson Ido di tempat sampah. Dr. Dyson Ido (Christoph Waltz) merupakan seorang ilmuwan spesialisasi dalam teknologi cyborg.

Lalu, Dyson Ido memodifikasi organ inti Alita dengan tubuh cyborg yang dibuatnya sendiri. Nah, inilah tantangan Alita, di mana dirinya harus beradaptasi di tubuh yang baru dan juga kehilangan ingatan tentang masa lalunya.

3 dari 6 halaman

Proses Perjalanan yang Panjang

Untuk mengerjakan proses film ini, Cameron menghabiskan waktu lebih dari 15 tahun karena dirinya sempat menunda proses produksi untuk menggarap film Avatar waktu itu.

Cameron meminta Rodriguez untuk membantu menyingkat skenario yang telah ditulisnya. Namun penyempitan cerita tersebut tetap mempertahankan adegan inti dari cerita aslinya.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Motion Capture

Film ini menggunakan motion capture yang merupakan sebuah proses merekam gerakan dari sebuah objek. Proses ini memang banyak digunakan untuk pembuatan film atau game, yang merekam setiap gerakan aktor untuk kemudian diolah kembali dalam bentuk 3D.

Penggabungan dengan teknologi Computer Generated Imagery (CGI), membuat film ini menjadi tampak cantik. CGI ini merupakan teknik pencitraan 3D yang dilakukan oleh komputer. CGI termasuk ke dalam golongan special effect yang biasa digunakan dalam pembuatan film, iklan, acara tv, dan game.

5 dari 6 halaman

Mata Besar yang Menggoda

Dalam filmnya, karakter Alita memang digambarkan sesuai manga aslinya, di mana memiliki mata yang sangat besar. Rupanya Cameron memang tak ingin menghilangkan mata besar yang menjadi ciri khas utama pada tokoh gadis ini. Hal itu juga merupakan persetujuan awal Cameron dengan Kishiro. Setelah trailernya dirilis, sempat banyak diskusi mengenai mata Alita yang besar ini. Banyak warganet yang kurang sreg dengan penampilan Alita dengan mata besarnya.

6 dari 6 halaman

Senjata Utama yang Unik

Lazimnya, dalam film action produksi Hollywood lebih banyak menggunakan pistol atau senjata api lainnya. Namun tidak demikian dengan film Alita ini. Cameron membuat Alita lebih banyak menggunakan pedang sebagai bentuk pertahanan diri. Selain itu, hampir seluruh anggota tubuh Alita bisa dijadikan senjata tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.