Sukses

Kolaborasi, JYP dan Sony Music Orbitkan Twice Versi Jepang

JYP dan Sony Music akan mengorbitkan girlband seperti TWICE yang terdiri dari gadis-gadis Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Label rekaman yang menaungi grup K-pop Twice, JYP Entertainment, berencana untuk kerjasama dengan Sony Music Jepang. Kedua belah pihak berniat untuk mengorbitkan satu girl band baru yang isinya adalah gadis-gadis dari Jepang.

"Park Jin-young (Pemimpin JYP) akan menggelar konferensi pers untuk media lokal di kantor pusat Sony Music di Tokyo, Jepang pada 7 Februari untuk mengumumkan rencananya memproduksi girl band Jepang," kata JYP dalam keterangan resmi seperti dikutip dari Yonhap.

"Pada musim panas mendatang, kedua perusahaan itu akan membuat audisi skala besar di dalam dan luar Jepang untuk merekrut anggota 'Girls Group Project'," lanjut JYP.

Ini menandakan langkah awal pertama JYP untuk betul-betul terjun ke pasar pop Jepang. Sebelumnya, Park sempat menyiratkan adanya proyek di luar Korea Selatan dalam konferensi pers di Seoul pada Juli 2018 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Globalisasi

Kepada Macquarie Emerging Industries Summit 2018, bos JYP itu mengemukakan visi globalisasi K-Pop dengan kalimat kunci, "Globalisasi dengan lokalisasi".

"Langkah pertama globalisasi K-pop adalah mengekspor konten Korea, diikuti dengan langkah kedua, mencari bakat di luar Korea Selatan dan menggabungkannya dengan artis Korea," kata Park saat itu.

JYP telah mengorbitkan beberapa grup K-Pop yang anggotanya tak cuma diisi orang Korea Selatan, tetapi juga dari negara lain.

3 dari 4 halaman

Membina Orang-Orang Berbakat

Tiga dari sembilan anggota grup Twice - Sana, Momo, dan Mina - adalah orang Jepang. Grup 2PM punya Nichkhun yang merupakan pria berdarah Thailand, sementara Miss A punya dua anggota dari China.

"Langkah berikutnya adalah langsung membina orang-orang berbakat dan memproduksi (musik) di negara asing," ujar Park, mengumumkan persiapannya membuat girl band yang hanya beranggotakan orang Jepang.

"Itu akan jadi seperti TWICE yang terdiri dari orang-orang Jepang," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Boy Story

JYP sudah mulai merambah ke pasar musik di China lewat boy band Boy Story yang semua anggotanya orang China pada tahun lalu.

Grup berisi enam pemuda berusia remaja itu dibentuk lewat kerjasama dengan anak perusahaan Tencent Entertainment China. Mereka berhasil menempati puncak tangga musik lokal dengan lagu "Enough" yang diciptakan Park Jin Young.

Grup itu juga dinobatkan sebagai grup musik paling menjanjikan untuk 2019 di acara penghargaan yang baru-baru ini berlangsung di Beijing.

(ANTARA News)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini