Sukses

Bikin Pengalaman Konser Musik Malam Hari Lebih Instagrammable, Ingat Trik Dasar Ini!

Trik ini sekaligus bermanfaat untuk mengatasi kondisi minim cahaya atau low light karena kebanyakan konser musik memang digelar pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 pastinya menjadi tahun yang menggembirakan bagi para pecinta musik tanah air. Banyak penyanyi dan artis dunia yang menggelar konser di Indonesia. Januari ini saja ada Girl Band, Blackpink dan Boy Band Korea, Stray Kids. Bergeser ke Februari, ada band Honne dari Inggris dan Ed Sheeran juga menggelar konser pada bulan Mei.

Sebelum Ed Sheeran, ada legenda musik asal Amerika Serikat, John Mayer yang menggelar konser di pada awal April 2019. Selain mereka berlima, masih banyak lagi penyanyi luar negeri yang bakal menghibur penggemar musik tanah air dengan penampilan konser musik yang dahsyat.

Menariknya, mendatangi konser musik kini tak hanya sekadar menonton dan mendengarkan musik dari idola, tetapi sudah menjadi momen wajib bernarsis ria dan berfoto. Nah, buat kamu yang gemar menonton konser dan berfoto untuk koleksi instagram, ada tips dan trik untuk menghasilkan gambar yang menarik dan instagrammable dengan modal smartphone. Trik ini sekaligus bermanfaat untuk mengatasi kondisi minim cahaya atau low light karena kebanyakan konser musik memang digelar pada malam hari.

1. Posisi menonton

Perhatikan di mana kamu kira-kira akan berdiri. Hal ini penting karena posisi kamu mempengaruhi foto seperti apa yang akan kamu dapatkan.

Barisan depan tentu saja posisi paling strategis. Kamu bisa lebih dekat menangkap momen penyanyi ketika beraksi, ditambah dukungan pencahayaan yang terang memudahkan kamu menghasilkan gambar yang bagus. Selain depan, posisi samping dan belakang juga memiliki kelebihan tersendiri. Kamu bisa juga mendapatkan momen menarik dari tangan dan aksi-aksi para penonton.

2. Jangan gunakan flash dan zoom

Manfaatkan cahaya panggung saja ketimbang mengaktifkan flash kamera. Tata cahaya panggung musik pasti sudah disesuaikan dan kamu tinggal manfaatkan warna cahaya yang sudah di set untuk menghasilkan foto yang menarik.

Sementara itu untuk penggunaan zoom juga perlu kamu hindari karena zoom akan hanya meningkatkan guncangan (shaking) pada pengambilan gambar, memperbanyak noise dan menurunkan resolusi gambar. Apalagi penggunaan zoom pada smartphone adalah digital zoom bukan optical zoom layaknya kamera profesional sehingga tak bagus pada fotografi low light.

3. Foto yang ‘berbicara’ dan bercerita

Tidak semua momen di konser musik menarik untuk diabadikan. Foto yang baik adalah foto yang bisa bercerita dengan sendirinya. Seperti saat menonton konser K-Pop, pastinya foto atau video bisa bercerita bahwa sang vokalis menyanyi dengan sepenuh hati dan memperlihatkan gerakan dance yang keren. Begitu juga, ketika menonton konser rock, capture momen misalnya vokalis sedang bernyanyi dengan penuh energi sampai urat lehernya keluar dan aksi para gitarisnya.

Selain penyanyi dan panggung, objek menarik lain untuk difoto adalah penonton dan lingkungan konser. Euphoria penonton akan membuat hasil foto Anda tampak sangat berenergi, sementara lingkungan konser menjadi objek yang menarik untuk koleksi foto karena banyak hal menarik yang bisa terjadi.

4. Stabil saat menangkap gambar Meskipun smartphone Anda memiliki teknologi optical image stabiliznatio yang dapat mengurangi guncangan, Usahakan untuk tetap berada dalam kondisi stabil saat proses pengambilan gambar. Posisi stabil memungkinkan Anda mengambil gambar dan video minim shaking.

5. Optimalkan mode kamera pada smartphone

Musisi dan penyanyi yang berada di atas panggung pasti aktif bergerak dan melakukan gerakan tak terduga, kamu perlu memanfaatkan mode-mode pada kamera smartphone, di android ada continuous shot dan live fokus yang bisa kamu pakai.

Untuk menghadapi kondisi low light saat menonton konser musik, tidak semua kamera smartphone mampu menghasilkan gambar yang kita inginkan. Semua tergantung pada spesifikasi yang dimiliki apakah mendukung untuk aktivitas fotografi low light atau night mode.

Nah, untuk kamu yang menginginkan smartphone yang memiliki keunggulan dan mendukung fotografi low light, ada smartphone OPPO R17 Pro yang punya keunggulan di fitur Night Mode kameranya Kamera utama OPPO R17 dilengkapi fitur paling mutakhir untuk hasilkan foto low light atau pun di malam hari yang jernih, tajam dan kaya warna. Fitur kamera utama (belakang) pada OPPO R17 Pro, memiliki teknologi kecerdasan buatan yang dapat menghaslkan gambar ciamik yang disebut AI Ultra Clear Engine.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OPPO Indonesia (@oppoindonesia) on

Karena didukung dengan diafragma ganda pada smart apperture f/1.5 dan f/2.4 yang mampu mengatur apperture secara otomatis melalui algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kamera utama pada smartphone ini dilengkapi fitur Night Mode dengan AI Ultra Clear Engine yang dapat mengambil foto pada malam hari dengan hasil yang cerah, kaya warna, dan tajam. Berikut hasil gambar yang diperoleh dari keunggulan fitur Night Mode OPPO R17 Pro.

Oppo R17 Pro adalah seri smartphone premium yang diluncurkan oleh OPPO. Dengan spesifikasi “dewa” yang dimilikinya, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan. Tidak hanya dari segi fitur kamera, ruang penyimpanan internal yang sangat lega, sebesar 128 GB. Anda dapat dengan bebas menyimpan hasil pemotretan Anda.

OPPO R17 Pro juga didukung dengan fitur VOOC flash charge. Fitur ini dapat mengisi daya baterai hingga 40% hanya dalam waktu 10 menit sehingga dapat mendukung aktivitas pemotretan Anda. OPPO R17 Pro berukuran 6.4 inch dengan rasio layar sebesar 91,5 %. Layar OPPO R17 Pro juga  dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6 sehingga tak perlu khawatir mudah tergores.

Paling menarik adalah OPPO R17 Pro dibalut dengan desain body yang memiliki gradasi warna menawan, kombinasi blue purple yang cantik dan menyegarkan sesuai dengai style anak muda zaman sekarang. Kini, dengan OPPO R17 Pro Anda selalu bergaya dan menghasilkan gambar yang bagus dan keren sehingga mampu membuat postingan di instagram semakin menarik dan memancing banyak like.

Penasaran dengan produk OPPO terbaru ini, datangi saja First Sale Exhibition OPPO R17 Pro di Laguna Atrium Mall Central Park 17-20 Januari 2019. Informasi lebih lanjut, kamu juga bisa kunjungi link berikut ini.

Itulah beberapa trik dasar foto saat konser musik dan rekomendasi smartphone yang mendukung fotografi low light dan night mode. Lebih dari itu,  saat menonton dan menikmati konser musik  pastikan kamu membawa perlengkapan seminimal mungkin. Bawaan yang ringkas dan ringan sehingga kamu bisa bergerak dengan lincah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.