Fakta-fakta Soal BLACKPINK, Tak Cuma Cantik Tapi Juga Raih Segudang Prestasi

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2019, 12:24 WIB
BLACKPINK

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal BLACKPINK sebenarnya tidak akan ada habisnya. Baik dari prestasi, kelebihan masing-masing anggota sampai fakta-fakta Soal BLACKPINK yang unik. BLACKPINK merupakan girl grup asuhan YG Entertainment yang beranggotakan 4 orang yaitu Jennie sebagai main rapper dan vokalis, Rose sebagai main vokalis, Jisoo di posisi vocalist sekaligus sebagai visual dan Lisa, anggota termuda sebagai rapper dan main dance.

Grup yang digawangi Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo ini memulai debut resminya pada tangal 8 Agustus 2016 yang berhasil mendapatkan penghargaan pertamanya di berbagai program acara musik Korea. Salah satunya adalah penghargaan pertamanya yang diraih dari acara SBS Inkigayo pada 21 Agustus 2016 untuk kategori grup pendatang baru.

Sekarang ini BLACKPINK juga telah resmi menandatangi kontrak dengan label rekaman Interscope Records, Amerika Selatan pada 23 Oktober 2018. BLACKPINK adalah grup wanita pertama yang dinaungi YG Entertainment setelah 2NE1 di tahun 2009.

 

2 of 7

Lagunya meledak di pasaran

Dua tahun setelah merilis dua lagu pertama mereka "Bombayah" dan "Whistle", empat personel BLACKPINK membuat ombak besar di kancah K-pop. Mereka menjadi salah satu girlband yang menjadi tren dan diikuti oleh banyak orang. Ditambah lagi setelah merilis lagu baru yang berjudul "Ddu-Du Ddu-Du" Juni lalu, BLACKPINK berhasil membuat sejarah baru di tangga lagu Billboard. Lagu Ddu-Du Ddu-Du berhasil masuk ke no 55 dari 100 musik tertanggal 30 Juni 2018. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah sejak 2009 girlband asal Korea Selatan mampu masuk dalam jajaran peringkat Billboard dengan lagu yang bukan menggunakan bahasa Inggris.

Tak hanya cerdas dalam musik, keempat member BLACKPINK ini memiliki gaya yang menawan dan telah menjadi model untuk berbagai merek fashion kelas dunia.

Nah, kabar gembira bagi para para BLINK di Indonesia. Pasalnya, BLACKPINK akan menyambangi Jakarta dalam waktu dekat. Girlband asuhan YG Entertainment ini akan menggelar konser tur mereka bertajuk In Your Area. Konser 2019 World Tour Blackpink in Your Area akan dilangsungkan pada 20 Januari 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Sebelum ketemu langsung sama BLACKPINK, yuk kenalan lebih lanjut sama membernya lewat fakta-fakta soal BLACKPINK yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019) berikut ini.

3 of 7

Jisoo

Jisoo BLACKPINK
Jisoo BLACKPINK (Instagram/sooyaaa__)

Fakta-fakta soal BLACKPINK yang pertama diulas adalah mengenai sosok Jisoo. Anggota tertua di BLACKPINK ini memiliki nama asli Kim Ji Soo dan biasa dipanggil dengan nama Chi Choo atau Jichu. Di dalam BLACKPINK, posisi Jisoo adalah sebagai vokalis sekaligus visual. Jisoo lahir di Korea Selatan, 3 Januari 1995. Memiliki tinggi kurang lebih 162 cm. Jisoo memiliki kakak laki-laki dan perempuan. Dia menjadi trainee di YG selama 5 tahun sejak Juli 2011.

Jisoo menjadi anggota ketiga yang diumumkan masuk di dalam anggota BLACKPINK. Tak hanya mahir bernyanyi, Jisoo juga bisa bermain alat musik seperti drum dan piano. Bahkan pada pandai memainkan alat musik tradisional. Jisoo merupakan member BLACKPINK yang paling pasif berbahasa Inggris.

Jisoo mempunyai anjing hewan peliharaan yang bernama Dalgom. Nomor favoritnya adalah 4. Jisoo sangat senang segala makanan kecuali bagian organ dalam dan dia tidak suka buah mangga. Berteman dekat dengan Seulgi Red Velvet dan Nayeon Twice.

Jisoo juga pernah mencoba tampil di dunia akting, menjadi figuran di Drama Korea 'The Producers’, pernah tampil di salah satu MV Epik High dan iKON, dan pernah menjadi model di berbagai iklan ternama. Untuk tipe cowok ideal dari Jisoo, ia lebih suka cowok yang imut daripada yang seksi. Hal itu pernah diungkapkan Jisoo di acara siaran langsung interview bersama BLACKPINK di salah satu radio.

4 of 7

Jennie

[Bintang] 8 Foto Penampilan Jennie Blackpink yang Glamor
Gadis cantik ini mempunyai penampilan yang stylish. Tentu saja penampilan Jennie ini mendapatkan berbabagai pujian dari para penggemar. (Foto: instagram.com/jenniekim.indo)

Memiliki nama asli Jennie Kim. Jennie merupakan main rapper BLACKPINK dan vokalis. Jennie lahir di Korea Selatan, 16 Januari 1996. Memiliki tinggi 163cm. Jennie pernah belajar di Selandia Baru dan Belanda selama beberapa tahun, jadi ia sangat fasih berbicara bahasa Inggris. Selain itu ia juga bisa bahasa Jepang.

Jennie merupakan anak tunggal. Dia menjalani trainee di YG selama 6 tahun sejak Agustus 2010. Jennie adalah member pertama yang bergabung dalam grup BLACKPINK. Jennie juga memiliki dua anjing peliharaan yang diberi nama Kai dan Kuma. Menu makanan favoritnya adalah makanan Korea. Nomor favoritnya adalah 1.

Jennie berteman dekat dengan Nayeon Twice dan Irene 'Red Velvet', Yerin 'GFriend', Chahee 'Melody Day' dan Lime 'Hello Venus'. Jennie pernah menjadi model di MV G-Dragon 'That XX'. Dia juga pernah tampil bernyanyi bersama G-Dragon Big Bang membawakan lagu berjudul 'Black', bersama Lee Hi’s lagu berjudul 'Special' dan Seungri Big Bang yang berjudul 'GG Be'.

Jennie pernah menduduki peringkat ke-18 di The 100 Most Beautiful Faces Of 2017. Jennie lebih suka cowok seksi dan pekerja. Hal itu pernah ia ungkapkan di acara interview langsung bersama BLACKPINK di salah satu stasiun radio. Pada 12 November 2018, Jennie debut sebagai penyanyi solo dengan lagu "SOLO".

5 of 7

Rose

Rose `BLACKPINK`
Rose `BLACKPINK` (Soompi)

Memiliki nama asli Park Chae Young, Rose lahir di New Zealand 11 Februari 1997. Rose juga memiliki nama inggris yaitu Roseanne Park dan besar di Australia. Rose adalah main vokal di BLACKPINK. Memiliki tingg 168 cm. Rose memiliki seorang kakak perempuan, bernama Alice Park. Dia pindah ke Korea pada tahun 2012.

Banyak orang yang mengira Rose adalah Orang Asing karena pencucapan dan kemampuan bahasa Korea Rose tidak sebaik member BLACKPINK lain bahkan Lisa lebih terlihat fasih. Rose mengikuti audisi YG di Australia, dan bergabung menjadi anggota terakhir yang diumumkan masuk di BLACKPINK setelah trainee selama 4 tahun 2 bulan. Rose mahir berbicara Inggris dan Jepang. Dia menjadi member yang memiliki masa pelatihan paling singkat.

Rose dikenal memilki suaranya yang unik. Dia bisa memainkan piano dan gitar. Hobinya bermain gitar, menggambar, dan mengendarai sepeda. Rosé lebih suka dipanggil dengan nama aslinya. Rose dekat dengan Chaeyoung dan Tyuzu Twice, Joy dan Yeri Red Velvet, dan dengan Ashley Choi dari Ladies Code. Rose pernah berkolaborasi dengan G-Dragon untuk lagu 'Without You'. Rose lebih suka cowok imut daripada seksi. Seseorang cowok yang baik, tulus, dan memiliki suara yang bagus atau unik.

6 of 7

Lisa

Lisa Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)
Lisa Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)

Fakta-fakta soal BLACKPINK yang terakhir adalah mengulas anggota termudanya, Lisa. Memiliki nama asli Lalisa Manoban. Lisa merupakan satu-satunya member BLACKPINK yang berasal dari Thailand. Di BLACKPINK ia bertugas sebagai main dance dan rapper di BLACKPINK.

Lahir pada pada 27 Maret 1997, Lisa merupakan anggota termuda di BLACKPINK. Dia memiliki tinggi sekitar 166,5cm. Lisa adalah anak tunggal. Lisa mengikuti audisi YG di Thailand tahun 2011 dan masuk sebagai member BLACKPINK setelah trainee selama 5 tahun 3 bulan. Lisa merupakan anggota kedua yang bergabung di BLACKPINK. Lisa berteman dengan BamBam dari GOT7. Dia pintar berbahasa Korea, Jepang, Inggris, dan China dasar.

Makanan favoritnya adalah kentang goreng dan rosti makanan asal Swiss. Nomor favoritnya adalah 27. Lisa suka menggunakan make-up. Selain pintar bernyanyi, Lisa juga mahir bermain ukulele. Dia juga sangat menyukai fotografi, tak heran dia selalu membawa kamera kemanapun dia pergi dan sangat suka memotret member BLACKPINK. Member yang paling Lisa suka untuk difoto adalah Jennie.

Lisa pernah menempati peringkat ke-15 di The 100 Most Beautiful Faces Of 2017. Dia juga pernah muncul di MV 'Ringa Linga' milik Taeyang Big Bang. Menyukai cowok manis daripada yang seksi. Lisa juga menyukai cowok yang lebih tua, berhati baik, bisa memasak, dan bisa menjaganya dengan baik.

7 of 7

Penghargaan BLACKPINK

BLACKPINK
Member BLACKPINK hadiri Melon Music Award (MMA) 2018. (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/Bq2ZGT0nMzF/Asnida Riani)

Fakta-fakta soal BLACKPINK ini pasti akan membuatmu semakin takjub dengan girlgroup asuhan YG Entertainment ini. Pasalnya, baru sekitar satu tahun semenjak debut, Blackpink sudah mendapat banyak penghargaan musik dan menjadi girlgroup papan atas di Korea Selatan.

Bahkan, mereka sudah memenangkan piala acara musik Inkigayo hanya berjarak 13 hari setelah debut. Beberapa penghargaan musik besar Korea Selatan seperti Gaon Chart Music Awards, Melon Music Awards dan masih banyak lagi sudah didapatkan oleh BLACKPINK.

Fakta-fakta soal BLACKPINK lainnya adalah video klip lagu DDU-DU DDU-DU mereka dari album mini Square Up yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2018 telah ditonton lebih dari 600 juta kali. Hal ini membuat MV tersebut menjadi MV grup K-Pop tercepat yang raih 600 juta views. Raihan ini mengalahkan BTS. Apabila video klip lagu DNA milik BTS meraih jumlah penonton 600 juta dalam waktu kurang dari 1 tahun 4 bulan, DDU-DU DDU-DU hanya perlu kurang dari 7 bulan saja.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Lanjutkan Membaca ↓