Sukses

Mengenang 4 Film dan Acara TV Terbaik Robby Tumewu

Sepanjang kariernya, Robby Tumewu telah muncul dalam berbagai judul film dan acara televisi.

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka atas meninggalnya Robby Tumewu. Ia berpulang dunia pada Senin (14/1/2019) dini hari.

Robby Tumewu meninggal dunia setelah berjuang melawan stroke selama hampir delapan tahun. Namun, aktor sekaligus desainer senior ini dikabarkan meninggal akibat infeksi paru-paru.

Sepanjang kariernya, Robby Tumewu telah muncul dalam berbagai judul film dan acara televisi. Tak sedikit di antaranya yang menjadi serial ikonis dan menyabet sejumlah penghargaan.

Berikut di antaranya:

 

1. Lenong Rumpi

Tak bisa menyebut nama Robby Tumewu tanpa menyebut Lenong Rumpi. Acara serial televisi yang mulai tayang sejak tahun 1991 di sebuah televisi swasta ini memang terbilang ikonis.

Salah satu alasan acara ini menjadi begitu populer karena format lenong yang diusung acara ini dibuat lebih modern. Tak hanya menghadirkan tokoh Betawi, acara komedi ini menampilkan beragam karakter dari beragam budaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ca Bau Kan

Awal tahun 2000-an, dunia perfilman Tanah Air masih berjuang untuk bangkit. Munculnya Ca Bau Kan pada 2002 memberi angin segar tersendiri bagi perfilman Indonesia. Film karya sutradara Nia Dinata ini diputar di sejumlah festival dunia seperti Asia Pacific Film Festival.

Dalam film yang ber-setting tahun 1930-an ini, Robby Tumewu mendapat peran sebagai salah satu anggota dewan pengusaha Tionghoa di Batavia.

3 dari 4 halaman

3. Gie

Film Gie yang diadaptasi dari buku non-fiksi Catatan Harian Seorang Demonstran, menjadi pemenang Film Terbaik untuk Piala Citra tahun 2005.

Dalam film ini, Robby Tumewu berperan sebagai Soe Lie Piet, seorang penulis yang merupakan ayah dari Soe Hok Gie (Nicholas Saputra).

4 dari 4 halaman

4. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi yang dirilis pada 2008, merupakan salah satu film yang masuk daftar lima besar film Indonesia terlaris. Tak hanya itu, film dengan 4,7 juta penonton ini juga meraih sejumlah penghargaan, juga masuk dalam nominasi Asian Film Awards, Hong Kong, tahun 2009.

Dalam Laskar Pelangi, Robby Tumewu berperan sebagai ayah A Ling, gadis kecil yang ditaksir oleh Ikal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.