Aa Jimmy dan Keluarga Jadi Korban Jiwa Tsunami Anyer, Hari Ini Dimakamkan di Cianjur

Oleh Rizky Mandasari pada 24 Des 2018, 12:45 WIB
Diperbarui 24 Des 2018, 12:45 WIB
Aa Jimmy
Perbesar
Aa Jimmy [Foto: Instagram]

Liputan6.com, Jakarta Selain bassis band Seventeen, Bani, figur publik lain yang juga dikabarkan menjadi korban tsunami Anyer adalah komedian Aa Jimmy Jigo. Kabar duka itu dibagikan oleh Arie K Untung lewat akun Instagramnya hari ini, Minggu (23/12/2018).

Melalui keterangan unggahannya, Arie Untung mengatakan mendapat foto yang disinyalir jenazah Aa Jimmy melalui sebuah grup media sosial dan telah diklarifikasi.

"Dapat foto di grup yang disinyalir jenazah @argojimmygo juga menjadi korban tsunami di lokasi kejadian Tanjung Lesung. Barusan ditabayun. Innalillahi wa Inna ilaihi roji'un. Allahumaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa' fu 'anhu. Semoga almarhum @argojimmygo husnul khotimah. Smeogakeluarga diberi ketabahan aamiin," tulis Arie Untung.

Diketahui Aa Jimmy yang bernama asli Hariyanto ini tengah berada di Tanjung Lesung karena didapuk sebagai pembawa acara dalam Employee Gathering PLN UIT JBB bersama rekannya, Ade Jigo.

Kabar duka itu juga diperkuat dengan informasi dari vokalis Seventeen, Ifan, saat diwawancara oleh TVOne pagi ini. "Saya lihat juga dengan mata kepala sendiri, Aa Jimmy meninggal. Saya juga melihat jenazahnya di tepi pantai," ujar Ifan.

Meski Ade Jigo berhasil selamat dari tsunami Anyer, dia harus merelakan istrinya berpulang. Istri Ade, Meyuza, yang sempat dikabarkan hilang saat terjadi tsunami Anyer kemudian ditemukan telah meninggal dunia.

Sebelumnya, Aa Jimmy sempat mengunggah video singkat di Instagram story berisi penampilan bandnya, Band Jigo, dalam acara gathering PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten.

Mengutip laman Kapanlagi, Aa Jimmy mulai dikenal masyarakat setelah main dalam acara komedi Jaka Baret pada 2006 di sebuah stasiun televisi swasta. Di situ, pria yang juga disapa Argo ini tampil dengan gaya khas, menirukan gaya Aa Gym. Tak hanya dari cara berpakaian, gestur, mimik wajah, ekspresi mata, serta suara Argo mirip dengan sang pemuka agama. Sejak saat itulah sosoknya semakin dikenal publik.

Pada 2009, Aa Jimmy pernah bergabung dengan grup band lawak Teamlo sebagai vokal, ditemani oleh Wawan, dan dua personil baru Teamlo lainnya yaitu, Ade dan Kudil.

2 dari 4 halaman

Aa Jimmy Bikin Keseruan di Atas Panggung Sebelum Diterjang Tsunami Anyer

Selain Aa Jimmy dan Ade Jigo, hadir juga band Seventeen sebagai bintang utama dalam pagelaran tersebut. Pasca-tsunami Anyer, Ifan, vokalis band Seventeen menyatakan Aa Jimmy meninggal dunia. Ia melihat dengan mata kepalanya sendiri jenazah Aa Jimmy tengah tergeletak di pinggir pantai.

Namun sebelum dinyatakan meninggal dunia karena diterjang tsunami Anyer, Aa Jimmy sempat mengunggah video keseruannya bersama Ade Jigo saat berada di atas panggung melalui Instagram Story-nya, @argojimmygo.

Dalam video tersebut, Aa Jimmy dan Ade Jigo kompak mengenakan baju berwarna kuning. Mereka terlihat sedang asyik berjoget sambil melempar canda untuk menghibur tamu undangan yang hadir.

3 dari 4 halaman

Aa Jimmy dan istrinyaa Dimakamkan di TPU Sirnalaya, Cianjur

Aa Jimmy dimakamkan bersebelahan dengan liang lahat sang istri Hati Nur Illah (34), yang juga turut menjadi korban tsunami. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Perbesar
Aa Jimmy dimakamkan bersebelahan dengan liang lahat sang istri Hati Nur Illah (34), yang juga turut menjadi korban tsunami. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Jenazah Aa Jimmy alias Argo dimakamkan di TPU Sirnalaya, Cianjur, Jawa Barat, hari ini Senin (24/12/2018). Komedian ini menjadi korban meninggal akibat tsunami di Banten.

Sebelumnya jasad korban disalatkan di masjid di Gang Rambutan, Kelurahan Solokpandan, Cianjur. Terlihat sejumlah artis hadir dalam prosesi pemakaman, salah satunya Epi Kusnadar.

Pihak keluarga memilih TPU Sirnalaya di Kelurahan Sawahgede, tempat bersemayam terakhir Argo dan istri, Hati Nurilah, serta dua anaknya yang menjadi korban tsunami, saat mengisi acara di Tanjung Lesung Resort, Pandeglang.

"Saat ini jenazah istri Argo yang sudah ditemukan dalam perjalanan dari Banten ke Cianjur. Rencananya akan dimakamkan bersebelahan dengan Argo di Sirnalaya," kata Dadang, paman Argo.

Pihak keluarga tidak menyangka kalau keponakannya menjadi korban tsunami. Bahkan, pihak keluarga kesulitan untuk mendapat kabar keberadaan satu keluarga tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Aa Jimmy Sebelum Meninggal karena Tsunami Anyer

Sebelum meggunakan nama Aa Jimmy pemiliki nama asli Heriyanto menggunakan nama Argo dalam menapaki kariernya di panggung hiburan Tanah Air. Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 15 Januari 1983 ini, awal muncul di layar kaca saat bermain dalam acara komedi Jaka Baret di salah satu stasiun televisi swasta.

Lantaran wajah dan gaya bahasanya mirirp dengan Aa Gym, sejak saat itu nama Argo pun tenggelam dan diganti dengan nama Aa Jimmy. Ia juga sempat sempat bermain dalam film Asoy Geboy (2008) dan berperan sebagai Aa Jimmy.

Tahun 2009 Aa Jimmy sempat bergabung dengan grup musik komedi Teamlo sebagai vokalis, bersama Wawan Bakwan, Ade Dora dan Kudil. Sampai akhirnya ia hengkang dari Teamlo dan membuat grup bernama Jigo. Bersam Ade Jigo (dulu Ade Dora), Aa Jimmy menjadi host acara di Tanjung Lesung yang membuatnya dijemput ajal.

Perjalanan karir Aa Jimmy perlahan mualai merangkak naik seiring eksistensinya sebagai komedian. Beberapa film lain yang pernah ia mainkan seperti, King (2009), Seputih Cinta Melati (2014), Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Gaya Aa Jimmy yang pandai meniru Aa Gym (interpersonate) membuatnya memiliki ciri khas di panggung hiburan.

Lanjutkan Membaca ↓