Sukses

Ikuti Miss Universe 2018, Finalis Transgender Spanyol Bicara soal Identitas

Dalam ajang pemilihan ratu kecantikan Miss Universe 2018, banyak negara yang tak masuk 20 besar.

Liputan6.com, Bangkok - Ajang ratu kecantikan Miss Universe 2018 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/2018), telah mendapatkan pemenangnya. Dia adalah Catriona Gray, perwakilan Filipina.

Banyak negara yang tak berhasil masuk dalam 20 besar dalam Miss Universe 2018, salah satunya Miss Spanyol yang diwakilkan oleh Angela Ponce.

Namun, tak sedikit orang yang menganggap kemunculan Angela Ponce di Miss Universe 2018 menjadi kemenangan tersendiri baginya.

Dikutip laman E! Online, Angela Ponce telah mencatat sejarah, lantaran dia adalah perempuan transgender yang berkompetisi di Miss Universe 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transgender Pertama

Angela Ponce menjadi transgender pertama dalam 66 tahun sejarah Miss Universe.

"Saya selalu bilang, 'Punya vagina tidak mengubahku jadi perempuan," ujarnya kepada wartawan di Bangkok, Thailand, pekan lalu.

"Saya adalah perempuan. Bahkan sebelum lahir, karena identitasku di sini," lanjutnya sambil menunjuk kepalanya.

 

3 dari 3 halaman

Ubah Peraturan

Sebelumnya, Miss Spanyol ini pernah mengikuti Miss World 2015. Sayangnya, dirinya tak bisa memenangkan kompetisi.

"Baru tahu pada hari kompetisi bahwa ada peraturan yang melarang perempuan transgender menang," lanjutnya. Tentu kabar itu meremukkan hatinya.

Namun ia tak putus asa. Ia pun kembali mengikuti ajang pemilihan ratu kecantikan. "Setelah saya ikut final Miss Universe, Miss World mengubah peraturan mereka. Saya mengubah peraturan." (Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.