Empat Fakta Tentang Diet yang Wajib Anda Ketahui

Oleh Cahyu pada 14 Des 2018, 20:55 WIB
Diperbarui 14 Des 2018, 20:55 WIB
Ilustrasi diet.
Perbesar
Ketahui fakta tentang diet ini agar usaha Anda tak sia-sia. (foto: shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan bukan perkara mudah. Meski sudah menjalani berbagai program diet, berat badan tak juga kunjung turun. Apakah Anda juga pernah mengalami hal serupa?

Bisa jadi, hal tersebut disebabkan Anda belum mengetahui fakta tentang diet sehingga masih terjebak oleh mitos diet yang kurang tepat. Alih-alih berat badan turun, tubuh malah semakin gemuk dan mudah sakit-sakitan.

Supaya diet Anda segera membuahkan hasil dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, ketahui empat fakta tentang diet berikut ini, yuk!

Sering makan kecil sama efektif dengan makan tiga kali sehari

Ketika Anda diet, Anda bisa memilih untuk makan tiga kali sehari atau makan berkali-kali tapi dalam porsi kecil. Penelitian dari University of Missouri pada 2013 mengatakan bahwa makan tiga kali sehari sama dengan makan berkali-kali dalam porsi kecil. Namun apapun pilihan Anda, Anda tetap harus memperhatikan jumlah kalori yang hendak dikonsumsi. Jangan sampai karena mengambil makan dalam porsi kecil, Anda malah mengonsumsi kalori berlebih.

Sarapan dan makan malam tetap bisa kurus

Orang yang sedang diet sering kali menghindari sarapan dan makan malam karena tak ingin gemuk. Padahal, sarapan merupakan waktu makan yang tak boleh dilewatkan, lho. Sarapan penting untuk mengisi perut yang telah kosong selama delapan jam. Selain itu, melewatkan sarapan justru membuat tubuh mudah merasa lapar sehingga akan sering mengemil dan makan dalam porsi banyak saat makan siang.

Para pelaku diet biasanya juga menghindari makan malam sama sekali. Sebenarnya, makan malam tetap dianjurkan asal dalam porsi kecil. Hal yang dilarang adalah makan dalam porsi besar. Jadi, kamu tetap bisa kurus kok dengan sarapan dan makan malam, asalkan dalam porsi yang sesuai kebutuhan tubuh.

Olahraga berlebihan kurang efektif menurunkan berat badan

Kunci dari diet yang sukses adalah melakukan olahraga secara konsisten. Percuma saja kalau Anda berolahraga dengan keras tapi hanya sesekali. Ingat, berat badan tidak bisa turun secara drastis, harus melalui usaha yang konsisten dan berkelanjutan. Karena itu, jadikan olahraga sebagai gaya hidup yang rutin dilakukan.

Makanan dan minuman sehat itu tak mahal

Makanan dan minuman sehat acap dibilang mahal. Akibatnya, masyarakat lebih memilih asupan yang kurang sehat dan melupakan dietnya. Padahal, makanan dan minuman sehat itu sebenarnya tak mahal, lho.

Untuk makanan, Anda bisa membeli sayur-sayuran di tukang sayur atau pasar. Di sana, banyak sayuran segar yang bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Sementara itu, untuk minuman Anda bisa membeli teh hijau yang harganya terjangkau, seperti Mustika Ratu Slimming Tea. Ramuan teh hijau, daun jati Belanda, dan kulit kayu rapetnya memiliki kandungan alami yang dapat membantu pengurngan lemak dalam tubuh.

Sebagai informasi, saat ini Mustika Ratu Slimming Tea juga sedang mengadakan challenge hidup sehat, lho. Mustika Ratu Slimming Challenge mengajak Anda untuk mengubah kebiasaan diet menjadi lebih sehat dan lebih sering berolahraga.

Cara ikutannya, beli produk Slimming Tea 30'S dan foto struk pembelian produk tersebut. Kedua, follow akun Instagram official Mustika Ratu @mustikaratuind dan Instagram Slimming Tea Challenge @slimmingteachallenge.

Ketiga, unggah dua foto ke Instagram kamu dengan ketentuan: di slide pertama upload foto inspiratif gaya menikmati Slimming Tea, lalu tag @mustikaratuind dan @slimmingteachallenge. Jangan lupa untuk tag lima orang temanmu untuk ikutan challenge ini. Selanjutnya, di slide kedua unggah foto struk atau bukti pembelanjaan Slimming Tea 30's di Indomart, Alfamart, Shopee,  dan On Site Gold's Gym.

Keempat, tulis caption menarik yang menceritakan seberapa berani dan besar motivasimu untuk bertransformasi. Cantumkan pula hashtag #Slimmingteachallenge.

Nantinya akan ada pemenang mingguan yang beruntung mendapatkan bingkisan menarik dari Mustika Ratu. Selanjutnya, 100 peserta akan dipilih untuk dapat mengikuti workout dan assessment program diet selama 1,5 bulan di Gold's Gym secara gratis dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Periode kompetisi online-nya akan berlangsung pada November 2018 - Februari 2019. Jadi tunggu apa lagi? Ayo, jadi #PejuangDiet dengan mengikuti Mustika Ratu Slimming Tea Challenge! Anda pun bisa menikmati makanan kesukaan Anda sesuka hati.

 

 

(Adv)