Sukses

Video Kontroversialnya Viral, Wakil AS di Miss Universe 2018 Dikecam

Miss Universe 2018 memanas. Ini bermula dengan video wakil Amerika Serikat yang menjadi viral.

Liputan6.com, Bangkok - Acara puncak Miss Universe 2018 memang baru akan digelar pada 17 Desember mendatang di Thailand. Namun seiring jalannya penjurian, perbincangan mengenai ajang ratu kecantikan sejagat ini sudah mulai menghangat.

Salah satunya, adalah soal kelakuan kontestan asal Amerika Serikat, Sarah Rose Summers, di ajang Miss Universe 2018 ini.

Dilansir dari Time, Jumat (14/12/2018), ia dianggap telah mengejek perwakilan Miss Universe 2018 asal Vietnam dan Kamboja di sebuah siaran langsung Instagram miliknya.

Dalam video tersebut ia dianggap menertawakan kemampuan bahasa Inggris Miss Vietnam, H’Hen Nie. "Dia imut banget, dia berpura-pura tahu bahasa Inggris dan saat kau bertanya kepadanya setelah bicara panjang lebar dengannya, dia akan...," kata Summer yang lantas mengangguk dan tersenyum, seakan menirukan H'Hen Nie.

Ia juga membicarakan soal Nat Rern, wakil Kamboja, menyebutnya sebagai "Poor Cambodia". Pasalnya, ia merasa kasihan karena Nat Rern tak bisa berbahasa Inggris, sementara tak ada orang lain yang bisa memahaminya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikecam

Video rekaman live ini, lantas menjadi viral. Banyak warganet yang lantas mengecam tingkah wanita bernama ini.

"Miss USA ini jelas seorang pelaku bully!! Ajangnya bernama "Miss Universe" BUKAN "Miss English," kata @Caligolfer di Twitter.

"Untuk Miss USA yang mengatakan Miss Vietnam dan Kamboja tak bisa berbahasa 'Inggris yang Hebat, Tutup mulutmu! Kamu payah dan seorang bigot! Pikiran sempitmu itu mangacaukan seluruh pelaksanaan Miss Universe!" tutur @AlexisBetito.

3 dari 3 halaman

Minta Maaf

Sarah Rose Summers sendiri lantas meminta maaf atas perbuatannya ini. Ia mengunggah fotonya sedang berpelukan dengan Nat Rern, sementara H’Hen Nie memeluk Miss Australia Francesca Hung.

"Pada momen saat aku bermaksud mengagumi keberanian beberapa saudariku, aku mengatakan sesuatu yang kini kusadari bisa diartikan sebagai sesuatu yang lancang, dan aku meminta maaf," tuturnya.

Ia juga mengatakan telah berbicara dengan perwakilan Vietnam mengenai insiden ini. Nat Rern sendiri mengunggah foto yang sama dan menuliskan, "Aku bicara bahasa cinta, hormat, dan saling memahami. Aku mencintaimu saudari-saudariku."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.