Fakta MAMA 2018 Hari Pertama yang Diselenggarakan di Korea Selatan

Oleh Septika Shidqiyyah pada 11 Des 2018, 14:46 WIB
Diperbarui 11 Des 2018, 15:17 WIB
MAMA 2018 (Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Ajang Penghargaan Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2018 Premiere di Korea Selatan baru saja selesai digelar pada Senin (10/12/2018). Acara yang diselenggarakan di Dongdaemun Design Plaza Art Hall mengangkat tema "10th annual MAMA: Challenge, Passion, Dream of MAMA." 

Sejumlah idola K-Pop tampil di panggung MAMA 2018, antara lain The Boyz, Stray Kidz, (G)I-Dle, Iz*One, Wanna One, dan lainnya. Dalam penyelenggaraan hari perdana ini, diserahkan juga penghargaan kepada sejumlah musikus dari Asia, salah satunya adalah Marion Jola. 

MAMA 2018 merupakan salah satu anugerah musik bergengsi di Asia. Setelah merampungkan hari pertama yang digelar di Korea Selatan ini, MMAMA 2018 akan melanjutkan MAMA 2018 Fans Choice di Jepang pada 12 Desember mendatang, diikuti oleh MAMA 2018 di Hong Kong pada 14 Desember.

MAMA Awards hadir pada tahun 1999 sebagai Mnet Music Video di Seoul, dan merupakan model MTV Video Music Awards Amerika Serikat. Acara ini berganti nama menjadi Mnet Asian Music Awards pada tahun 2009, karena kategori penghargaannya mulai mencakup dari luar Korea Selatan. Bahkan, dari tahun 2010 hingga 2017, ajang penghargaan ini diadakan di luar Korea Selatan. 

Ulasan lebih lengkap mengenai ajang penghargaan MAMA 2018 hari pertama yang diselenggarakan di Korea Selatan, bisa kamu simak lewat rangkuman fakta menarik MAMA 2018 yang dihimpun Liputan6 dari berbagai sumber, berikut ini.

2 of 8

1. Setelah 9 tahun, MAMA 2018 digelar di Korea Selatan

MAMA 2018 akan berlangsung selama 3 hari. yakni pada tanggal 10, 12 dan 14 Desember 2018.  Sama seperti tahun sebelumnya, MAMA 2018 juga dihelat di tiga negara berbeda.

Jika tahun lalu, pagelaran musik ini dilangsungkan di Vietnam, Jepang dan Hongkong. MAMA 2018 diselenggarakan di Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong.

MAMA 2018 di Jepang akan bertempat di Saitama Super Arena, Jepang. Sementara Rangkaian gelaran MAMA 2018 hari terakhir akan diadakan di Asia-World-Arena, Hong Kong. 

Menariknya, penyelenggaraan MAMA 2018 di Korea Selatan ini terjadi untuk pertama kalinya sejak 9 tahun lalu.  MAMA di Korea Selatan terakhir berlangsung pada 2009 silam. Di tahun berikutnya, MAMA berkelilling ke beberapa negara lain.

3 of 8

2. Menyoroti idol-idol rookie

MAMA 2018 Premiere yang diselerenggakan pada Senin (10/12/2018) di Dongdaemun Design Plaza Art Hall, Korea Selatan ini dikhususkan untuk memberi sorotan kepada idol-idol rookie di industri musik Korea Selatan. Dengan menghadirkan beberapa bintang tamu seperti deretan idol dan solois rookie diantaranya adalah Stray Kids, (G)I-DLE, IZ*ONE, Fromis_9, Loona, GWSN, Nature, HAON, dan VINXEN.

Acara ini digelar dengan penampilan spesial dari beberapa idol rookie, seperti IZ*ONE yang membawakan lagu Wanna One “Energetic”, dan Stray Kid membawakan lagu Twice “Ooh-Ahh”.

Selain itu, Lonna dan Hiragana Keyakizaka46 juga melakukan kolaborasi, dan tambahan Stray Kids dan The Boyz juga membawakan penampilan spesial lainnya.

Pada acara penghargaan MAMA 2018 ini juga memberikan trofi penghargaan Best New Artist kepada Stray Kids dan IZ*ONE. Sedangkan (G)I-DLE mendapatkan penghargaan Best of Next.

4 of 8

3. Marion Jola bawa pulang piala

Marion Jola di Acara MAMA 2018
Marion Jola tampil cantik dengan dress warna abu-abu dan sepatu boots hitamnya. (dok. instagram.com/lalamarionmj/https://www.instagram.com/p/BrNNIfonffd/Esther Novita Inochi)

Penyanyi pendatang baru Marion Jola dinobatkan sebagai Best New Asian Artist Indonesia MAMA 2018. Kemenangan Marion Jola di MAMA 2018 ini meneruskan jejak Agnez Mo yang meraih The Best Artist serta Raisa dan Isyana yang meraih The Best Composer of the Year di MAMA tahun 2017 lalu.

Marion Jola menjadi satu-satunya penyanyi Tanah Air yang masuk ke dalam nominasi di acara penghargaan MAMA 2018.

5 of 8

4. Sejumlah musisi muda Asia raih penghargaan

Selain Marion Jola, di MAMA 2018 ada sejumlah musisi muda Asia lainnya yang juga meraih penghargaan untuk ketegori Best New Asian Artist. Dari Thailand ada The Toys serta ada Orange dari Vietnam. Sementara dari Mandarin diwakili Dean Ting. Serta dari Jepang ada grup Hiragana Keyakizaka46.

6 of 8

5. Dari Indonesia bukan cuma Marion Jola yang bawa pulang piala

Dari Indonesia ternyata tak cuma Mario Jola aja lho yang membawa pulang piala dari ajang MAMA 2018. Ada LalellmaNino yang menyabet penghargaan Best Engineer Of the Year dari MAMA 2018. LalellmaNino merupakan trio pencipta lagu yang beranggotakan Nino Kayam (RAN), Lale dan Ilman (Maliq & D'Essentials).

Ketiga musikus ini adalah produser sekaligus penata musik untuk singel debut Marion featuring Rayi "RAN" berjudul "Jangan". Selain itu Java Finger juga meraih penghargaan yang sama sebagai pihak yang menangani mixing dan mastering lagu "Jangan".

7 of 8

6. Daftar selebriti yang hadir

Di rangkaian pertama MAMA 2018 ini, acara dibawakan oleh Jung Hae In sebagai MC utama. Serta hadir pula beberapa selebriti lain yang bertugas untuk membacakan nominasi. Diantaranya adalah Kim So Hyun, Ji Soo, Lee Ki Woo, Kang Seung Hyun, Hong Jong Hyun, Jung Chaeyeon, Kim Yoo Ri, Bae Yoon Young, dan masih banyak lagi.

8 of 8

7. Daftar Lengkap Pemenang MAMA 2018 hari pertama

Best New Asian Artist: The Toys (Thailand), Orange (Vietnam), Marion Jola (Indonesia), Dean Ting (Tiongkok)

Best Producer: Pdogg

Best Choreographer: Son Sung Deuk (BTS “IDOL”)

Best Art Director: MU:E (BTS “Fake Love”)

Best Executive Producer: Bang Shi Hyuk

Best of Next: (G)I-DLE

Best New Artist (Male): Stray Kids

Best New Artist (Female): IZ*ONE

DDP Best Trend: Wanna One

Lanjutkan Membaca ↓