Perubahan Dratis Selebritas Ganteng Korea Saat dan Sesudah Wajib Militer, Masih Keren?

Oleh Rizky Mandasari pada 07 Des 2018, 13:57 WIB
Diperbarui 07 Des 2018, 14:18 WIB
Kwanghee

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan tak cuma terkenal dengan budaya pop dan juga olahraganya saja. Negara asal boyband Super Junior yang sempat mengisi penutupan Asian Games 2018 ini juga terkenal karena wajib militer (wamil) yang ketat lho.

Para pria yang secara fisik dan mental sehat serta berumur 19-35 tahun wajib mengikuti wajib militer. Bahkan, selebritas ganteng Korea seperti personel Super Junior hingga pemain sepak bola Son Heung-Min seakan enggan untuk mengikuti wajib militer tersebut.

Seperti dilansir dari Business Insiders, Jumat (31/8/2018), pada 2012, seorang ‘alumni’ wamil Korea Selatan bercerita pada Goyang TV mengenai pengalamannya ketika mengikuti wajib militer tersebut. Pria ini bersama Gene Kim dan bertugas selama dua tahun.

Menurut Kim, undang-undang mengharuskan setiap pria untuk melayani militer. Jika dengan sengaja menghindarinya, dia akan mendapatkan hukuman penjara.

"Ini wajib terutama karena hubungan kita dengan Korea Utara. Setelah segala sesuatunya meningkat setelah Perang Korea, ada kebutuhan akan kekuatan aktif bagi Korea Selatan, sehingga militer selalu siap," kata Kim pada saat itu.

Menurutnya, dalam dua tahun, orang yang ikut dalam wajib militer akan terisolasi dari masyarakat. Dia tidak akan bisa memegang ponsel. Kim mengatakan hal tersebut mengorbankan masa mudanya untuk bangsa.

"Jadi, pada hari pertama ketika anda memasuki militer. Segera setelah anda memasuki pangkalan pelatihan ini, anda bertemu dengan instruktur yang melatih selama lima minggu dari situ. Mereka dengan sengaja mencoba mengintimitdasi anda, mencoba menakut-nakuti anda, untuk menjadikan anda seorang prajurit," ujar Kim.

Kim mengakui, pada awalnya dia benar-benar membencinya. Selama lima minggu pertama, pelatihan mereka sangat intens. Kim menceritakan bahwa mereka terus-menerus berteriak dan hanya bisa melakukan apa yang diminta. Salah satu yang paling diingatnya adalah pelatihan untuk mempersiapkan mereka bertahan melawan serangan kimia.

"Bagian tersulit adalah ketika saya dan kelompok harus masuk ke ruangan yang dipenuhi gas," kata Kim.

Awalnya, mereka akan memasuki ruangan dengan masker pelindung. Namun, masker itu kemudian dilepas hingga mereka harus bertahan menghirup gas tersebut.

"Dan ketika anda menghirup gas ini, rasanya seperti anda tercekik. Pada dasarnya, anda tidak bisa bernafas. Hanya kekacauan di ruangan kecil itu. Semua orang saling berpegangan. Semua orang berguling di lantai. Ada satu orang ini. Dia berlari ke pintu mencoba keluar, tetapi ada seorang penjaga di sana yang mencegahnya. Dan itu benar-benar kekacauan," kata Kim.

Setelah lima minggu, mereka akan dipindahkan ke batalion. Dari situlah mereka akan memulai karier mereka di militer sampai dengan sersan. Di sana juga mereka akan ditanamkan pemikiran bahwa Korea Utara adalah musuh.

"Selalu ada potensi bahwa Korea Utara dapat menyerang kita dan militer berusaha mempersiapkannya," kata Kim. Ya, wajib militer seakan menjadi momok bagi beberapa orang pria, tak terkecuali bagi para selebritas ganteng Korea.

2 of 3

Keluar Wajib Militer, Selebritas Ganteng Korea Kwanghee Kini Lebih Kurus

Kwanghee usai wajib militer (sumber: YTN star)
Kwanghee usai wajib militer (sumber: YTN star)

Member boyband ZE A yang juga lebih dikenal sebagai TV personality ini sering muncul di berbagi variety show di Korea Selatan. Sejak tanggal 13 Maret 2017, selebritas ganteng Korea ini menjalani wajib militer sebagai tentara aktif.

Waktu terus berlalu, selebritas ganteng Korea ini akhirnya selesai menjalani wajib militernya pada hari Jumat (7/12/2018). Media Korea pun hadir 'menjemput' Kwanghee dan memfoto pria berusia 30 tahun serta mewawancarai tentang pengalamannya selama wamil dan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Ada yang sedikit berbeda. Kwanghee terlihat tirus dan lebih macho daripada sebelumnya. Tak pelak ia pun mendapat pujian dari netizens Korea yang kagum pada selebritas ganteng Korea ini karena telah memilih menjalani wajib militer sebagai tentara aktif dan kembali dengan ganteng.

Saat diwawancarai oleh media, Kwanghee berterima kasih kepada penggemar yang sudah menunggu kembalinya ke dunia hiburan. Ia berharap bisa memberikan kekuatan kepada semua orang dengan energi positifnya.

"Terima kasih kepada reporter dan penggemar yang datang walaupun cuaca dingin. Jujur, nggak berharap banyak orang menungguku, tapi aku sangat senang dan terima kasih karena banyak yang bilang kangen dan mendukungku," kata Kwanghee seperti dilansir Liputan6.com dari Soompi, Jumat (07/12/2018).

Selebritas ganteng Korea ini lalu melanjutkan kalau ia berterima kasih dengan orang-orang yang dikenalnya semasa menjalani wajib militer. Dia pun janji akan segera kembali ke dunia hiburan.

"Aku juga berterima kasih pada orang-orang yang menghabiskan waktu bersamaku semasa wajib militer. Aku harap mereka menghabiskan sisa tahun ini dengan hangat dan sehat. Aku ingin menyapa publik dengan lebih semangat dan sehat daripada sebelumnya. Terima kasih sudah menunggu," ujar Kwanghee.

Kwanghee akan segera tampil dalam acara The Manager di MBC. Dia akan menunjukkan bagaimana beradaptasi lagi dengan dunia televisi lewat bantuan manajer.

3 of 3

Jalani Wajib Militer Hampir Setahun, Begini Perubahan Selebritas Ganteng Korea G-Dragon

G-Dragon
Perubahan penampilan G-Dragon saat menjalani wajib militer. (Foto: Koreaboo)

Sejak 27 Februari 2018, selebritas ganteng Korea G-Dragon menjalani wajib militer. Hampir setahun dirinya tak tampil di dunia hiburan, ia tampak berbeda.

G-Dragon tampak lebih berisi, dan pipinya chubby. Foto leader BigBang terbaru dibagikan CEO dari restoran shabu-shabu.

"I love you, Jiyong hyung… #TheForeverHeroOfMyHeartGDragon #IAchievedMyDream #ICanDieWithNoRegrets," tulis @shabuly_ceo.

Penampilan selebritas ganteng Korea G-Dragon ini terlihat lebih berisi pun membuat para penggemarnya merasakan bahagia, karena idolanya tetap sehat selama menjalani wajib militer. Sebelum menjalani wajib militer, selebritas ganteng Korea ini memiliki V line yang terlihat ramping dan tajam. Tidak dengan sekarang.

Meski kini terlihat lebih chubby, hal itu dianggap penggemarnya sebagai hal yang menggemaskan. Menjalani wajib militer, selebritas ganteng Korea ini mendapat dukungan dari para penggemarnya. Itu terlihat di hari pertama GD masuk pusat pelatihan Divisi ketiga Angkatan Bersenjata di Cheorwon, Provinsi Gangwon.

Kala itu puluhan penggemarnya yang berasal dari berbagai negara datang memadati barak pelatihan GD. Meski tak bisa bertemu langsung, namun mereka tak kecewa, dan tetap memberikan doa dan dukungan untuk G-Dragon yang menjalani tugas negara.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by