Pengarang Anime Gundam Meninggal, Fans Berduka

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 02 Des 2018, 12:40 WIB
Diperbarui 03 Des 2018, 15:13 WIB
Anime Gundam

Liputan6.com, Jakarta - Para pecinta anime mecha (robot raksasa) baru saja dilanda duka. Yu Yamamoto, penulis serial animasi Gundam, meninggal pada usia 71 tahun. Seperti dilansir Anime News Network, Kamis (29/11/2018), Yu Yamamoto meninggal pada 25 November 2018.

Berita wafatnya penulis anime Gundam ini, diumumkan melalui Twitter ketika tayangan anime Galaxy Divine Wind Jinraiger memberi penghormatan kepada Yu Yamamoto yang mengawasi proyek tersebut.

Yu Yamamoto, penulis yang cukup terkenal di Jepang ini mengerjakan skenario untuk serial anime Mobile Suit Gundam versi klasik. Yamamoto memulai debut menulis skenario pada awal 1970-an untuk 11 episode anime tersebut.

Setelah itu, Yu Yamamoto diajak kembali terlibat waralaba Gundam untuk menulis skenario Mobile Suit Gundam - The Movie Trilogy. Setelah itu, sang penulis menjadi pengawas atas penulisan naskah anime-anime Gundam lainnya.

2 dari 3 halaman

Selain Gundam

Mobile Suit Gundam: The Origin III Siap Diluncurkan
Anime Mobile Suit Gundam: The Origin. (Sunrise)

Selain Mobile Suit Gundam, ia juga sempat menangani serial anime lain seperti Galaxy Clone Braiger, Galactic Gale Baxinger, dan Galactic Whirlwind Sasuraiger.

Ia memutuskan untuk mengerjakan waralaba Galaxy Divine Wind Jinraiger sejak 2014. Serial ini dijadwalkan untuk debut pada 2016, tetapi tertunda karena jadwal Yamamoto yang sibuk. Kini, masa depan anime tersebut tidak pasti setelah sang penulis wafat.

3 dari 3 halaman

Para Penggemar Mengenang

Musik Jazz Bakal Hiasi Anime Gundam Thunderbolt
Anime Mobile Suit Gundam Thunderbolt. (Sunrise)

Di media sosial, para penggemar anime mecha mengenang Yamamoto dan berterima kasih kepadanya atas semua jasa yang ia lakukan.

Tak lama sebelum Yu Yamamoto meninggal, pihak Sunrise mengonfirmasi bahwa setidaknya akan ada lima anime Gundam terbaru yang sedang dalam pengerjaan.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Selain Diminum, Manfaat Buah Naga Dapat Jadi Masker