Jalani Prosesi Adat Sejak Pagi, Paula Verhoeven Kurang Tidur

Oleh Surya Hadiansyah pada 21 Nov 2018, 20:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2018, 13:14 WIB
Pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven Beri Dukungan untuk Tio Pakusadewo

Liputan6.com, Jakarta - Paula Verhoeven tidak lama lagi akan berstatus sebagai istri dari Baim Wong. Keduanya akan melaksanakan akad nikah pada Kamis (22/11/2018).

Sehari sebelumnya, Paula Verhoeven dan Baim Wong menjalani prosesi adat di kediamannya masing-masing. Sejak Rabu (21/11/2018) pagi, sejumlah prosesi adat telah dilalui Paula Verhoeven.

Usai prosesi tersebut, Paula Verhoeven menemui wartawan. Dalam kesempatan itu, Paula Verhoeven mengaku menikmati setiap prosesi adat yang ia lakukan meskipun kurang tidur.

"Ya rasanya senang banget gitu walaupun agak sedikit kurang tidur tapi enggak terasa. Karena memang happy dan menikmati setiap detik ya gitu dari pergantian-pergantian proses itu ya," Paula Verhoeven mengakui.

[Fimela] Baim Wong dan Paula Verhoeven
Baim Wong dan Paula Verhoeven
2 of 3

Dimulai dengan Pengajian

Upacara adat dimulai dengan pengajian di pagi hari, dilanjutkan dengan beberapa rangkaian upacara adat lain.

"Dari pengajian, lalu siraman, sungkem, dan juga tadi suap-suapan dan yang terakhir ini nanti malam yaitu midodareni," tuturnya.

3 of 3

Makna dari Prosesi Adat

Baim Wong
Baim Wong saat menjalani acara siraman jelang pernikahan. (Sumber: Instagram @baimwong/| Fotografer: @davidsalim/ Properti: @weddingku)

Dalam kesempatan itu, Paula Verhoeven juga menjelaskan beberapa makna dari prosesi adat yang telah ia jalani.

"Kayak tadi aku dapat suapan dari papa mama, itu artinya suapan terakhir melepas anaknya bersama pasangan hidupnya untuk bisa hidup mandiri. Sungkeman istilahnya mohon doa restu, terus pengajian dikasih wejangan bahwa kehidupan pernikahan itu begini begitu, kasih nasihat ya," pungkas Paula Verhoeven.

Lanjutkan Membaca ↓