Sukses

Nobar Film Impian 1000 Pulau, Warga Kepulauan Seribu Ikut Terbantu

Film Impian 1000 Pulau secara langsung sangat membantu warga dan lingkungan Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup. Kalingga, sebuah kelompok filantropis yang berada di bawah Lion Club Indonesia, mengadakan nonton bersama (nobar) film Impian 1000 Pulau di berbagai daerah, khususnya di Jakarta. Acara ini digelar untuk mengumpulkan dana bagi perbaikan lingkungan di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Senin (12/11/2018) pagi Kalingga Lion Club mengadakan nobar film Impian 1000 Pulau bersama 500 siswa-siswi masrasah Al Fakhiriyah, di CGV Blitz Slipi Jaya, Jakarta. Sore harinya juga diadakan nobar dengan siswa Khadijah Islamic School.

Impian 1000 Pulau mengisahkan tentang seorang anak nelayan yang bercita-cita menjadi pembuat film. Sang ayah tidak setuju karena menganggap itu usaha yang sia-sia.

Film yang mengajak para generasi muda untuk lebih mencintai bangsa Indonesia ini disutradarai oleh pelajar SMA yang menggunakan dana sumbangan dari berbagai pihak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempromosikan Kepulauan Seribu

Remaja muda bertalenta ini berhasil menciptakan sebuah film yang bertujuan untuk mempromosikan wisata khususnya di Kepulauan Seribu.

Selain mengedukasi para penontonnya dengan film, para generasi muda ini juga mempromosikan aneka kuliner untuk memajukan industri pariwisata kepulauan seribu.

Produser eksekutif Ivone Zakaria menjelaskan, tujuan pembuatan film bertujuan untuk mencari dana yang akan digunakan untuk membantu memperbaiki lingkungan dan usaha masyarakat Kepulauan Seribu.

"Hasil dari pengumpulan dana itu akan kita gunakan untuk mengembangkan usaha masyarakat. Di sana ada berbagai olahan kuliner yang kita coba angkat. Kita pernah membawa koki dari hotel bintang lima untuk mengajari masyarakat memasak tanpa menggunakan penyedap," kata Ivone.

3 dari 4 halaman

Menyumbangkan Satu Batang Mangrove

Selain itu, menurut Ivone, dari setiap penonton yang menyaksikan film berarti telah menyumbangkan satu batang pohon mangrove yang akan ditanam di pesisir pantai Kepulauan Seribu.

"Target kami 1 juta pohon. Jadi harapannya akan ada sejuta penonton yang menyaksikan film ini," tambah Ivone.

Gubernur Lions Club Distrik 307-A1 Silvyana Murni menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan produser film Impian 1000 Pulau untuk membantu usaha warga penanaman mangrove di Kepulauan Seribu.

4 dari 4 halaman

362 Klub

Menurut Silvyana, saat ini ada 362 klub yang bernaung di bawah Lion Club Indoneaia yang akan digerakan untuk menonton film ini.

"Kepulauan Seribu bagian dari Jakarta. Kita harus punya kepedulian. Mangrove harus tumbuh, tidak boleh ada pengeboman ikan, kita didik masyarakat untuk mengolah makanan sehat," katanya.

Presiden Kalingga Lion Club Tjut Syahna mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan Kalingga adalah untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Kepulauan Seribu.

"Kalau Singapura punya Sentosa Island, kita punya Kepulauan Seribu, salah satu tujuan wisata yang dicanangkan sebagai salah satu dari 10 Bali Baru. Kita bukan hanya menanam mangrove, tetapi juga mendorong masyarakat tidak menggunakan hairspray dan sedotan plastik. Ini adalah pengabdian organisasi," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini