Sukses

 Lola Amaria Putar Film Lima di Selandia Baru

Film Lola Amaria disambut antusias para penonton di Selandia Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia di Selandia Baru antusias menyaksikan film Lima yang diproduseri Lola Amaria di Ruang Bali, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wellington, Selandia Baru, Jumat (26/10/2018). 

Acara nonton bareng film Lima sendiri terselenggara berkat kerjasama Lola Amaria Production, KBRI Wellington, Persatuan Pelajar Indonsia (PPI) New Zealand, PPI Christchurch, PPI Wellington, dan PPI Auckland ini.

Duta Besar (Dubes) Indonesia Tantowi Yahya dan Lola Amaria, mengawali acara pemutaran film dengan diskusi singkat mengenai alasan mengangkat tema Pancasila dalam film ini. Tantowi Yahya dalam sambutannya menekankan bahwa Pancasila adalah guiding principle yang magis karena mampu menyatukan Indonesia yang sangat beragam.

"KBRI dan masyarakat Indonesia di Wellington beruntung dengan kedatangan seorang sineas muda idealis dan kreatif seperti Lola Amaria," ujar Tantowi Yahya dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (29/10/2018).

KBRI Wellington, ujar Tantowi, tentunya akan terus memfasilitasi kegiatan-kegiatan serupa yang bertujuan memupuk rasa kebangsaan serta persatuan di tengah kebhinnekaan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Selandia Baru.

Film ini juga diharapkan dapat membumikan Pancasila sebagai ideologi negara kepada seluruh rakyat Indonesia serta membakar rasa nasionalisme di hati para diaspora Indonesia di Selandia Baru.

"Selain tentunya mendukung kemajuan perfilman Indonesia yang berkualitas," ucap mantan Ketua Umum PAPPRI ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pancasila

Lola Amaria dalam sambutannya menyampaikan bahwa Selandia Baru adalah negara kelima yang dihampiri film 'Lima'. Dimana Wellington menjadi kota kedua di Selandia Baru yang dikunjungi tim Lola Amaria Production setelah sebelumnya sukses ditayangkan di Christchurch. 

"Dan selanjutnya dijadwalkan untuk diputar di Auckland," ujar sutradara Labuan Hati ini.

Lola berharap, usai menonton film ini, penonton dapat pulang dengan membawa pandangan positif tentang toleransi, kebhinnekaan dan semakin memperkuat semangat kebangsaan.

WNI yang berada di New Zealand pun merasa terbangun lagi jiwa nasionalisnya dan mendapatkan banyak pesan besar dari film tersebut.

"Sangat bagus sekali. Film ini (Lima) menggambarkan toleransi yang begitu besar dalam kehidupan, terutama di negara tercinta, Indonesia. Dan pelajaran penting untuk selalu berkeadilan dalam menjalani kehidupan ini,” tukas salah seorang penonton yang hadir di acara tersebut.

3 dari 3 halaman

Cerita Film

Seperti diketahui, film 'Lima' ini dikerjakan oleh lima sutradara yaitu: Lola Amaria, Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Adriyanto Dewo dan Harvan Agustriansyah yang masing-masing menggarap setiap Sila dan kemudian disatukan menjadi plot cerita utuh. 

Film berdurasi 110 menit ini mengangkat kisah pentingnya toleransi dan kebhinekaan yang saat ini terancam dengan nilai-nilai chauvinistik terhadap golongan, ras atau agama tertentu. Pesan yang ingin diangkat, Pancasila, terutama sila ketiga: 'Persatuan Indonesia' tidak akan terberangus dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.