Sukses

Dono Warkop Ternyata Bukan Pelawak Biasa

Setelah foto lama beredar, Dono Warkop ternyata menjadi inspirasi bagi banyak orang, termasuk generasi baru.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah foto lama Dono `Warkop` beredar luas di media sosial, nama komedian legendaris ini menjadi perbincangan publik.

Dono Warkop telah tiada pada 2001 silam. Namun karya dan eksistensinya di industri hiburan Tanah Air tak akan pernah hilang tergerus waktu.

Wajah Dono Warkop yang lucu secara alami membuat penggemar tertawa. Disertai dengan tingkah konyol Dono yang sangat menghibur.

Di balik itu semua, ternyata Dono Warkop merupakan sosok yang jenius. Ia adalah dosen di Universitas Indonesia.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenius

Selain dosen, Dono ternyata penulis novel sastra. Akun Instagram penggemar Warkop DKI, @videowarkopdki, sempat mengulas profil Dono.

Rupanya ada empat novel yang pernah diterbitkan Dono Warkop. Tiga novel diterbitkan semasa Dono Warkop masih hidup, yaitu: Cemara-Cemara Kampus (1988), Bila Satpam Bercinta (1999), dan Dua Batang Ilalang (1999).

Sementara, satu novel lainnya dibuat setelah Dono Warkop meninggal dunia. Novel itu merupakan karya terakhir Dono Warkop, judulnya Senggol Kiri Senggol Kanan (2009).

3 dari 5 halaman

Novel Laris

Dua Batang Ilalang merupakan novel yang dibuat Dono `Warkop` yang laris. Ditulis di sela-sela aktivitasnya menjadi pejuang reformasi ’98, setting dan ide cerita diambil tidak jauh-jauh dari sana.

Ia menciptakan karakter utama sebagai mahasiswa yang ikut turun aksi sehingga dikeluarkan dari kampus. Hal-hal yang ia tulis sebenarnya sangat dekat dengan kondisi sosial yang ada saat itu sehingga sangat mengena ketika dibaca.

4 dari 5 halaman

Makin Kagum

Mengetahui prestasi Dono lainnya, warganet makin kagum. Beberapa dari mereka menyebutkan, Dono benar-benar sosok pelawak yang tak biasa.

"Kagum bgt sm beliau," komentar nrianjani.

Akun @mulyantobromocorah menyebutkan, "The legend indonesia."

Ada juga yang justru terbawa perasaan. Mereka merindukan sosok Dono Warkop.

"Kangen sama beliau," tulis yuliplg871. Pengguna @dwy berkomentar, "sosoknya tak akan tergantikan. Rindu menyaksikan karyanya."

5 dari 5 halaman

Penasaran

Ada juga yang penasaran dengan Novel yang dibuat Dono Warkop. Beberapa dari mereka ingin membaca karya sang pelawak tak biasa ini.

Akun @joanndenatal menuliskan, "Novelnya terbit lagi gak ya?..pengen baca karyanya pakdhe dono..@videowarkopdki."

Warganet dengan nama @fherdhiann bertanya kepada @videowarkopdki, "Min masih ada yg jual ga ya novelnya.??"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.