Sukses

Film Pendek Kado Menang di Festival Film Internasional Venice 2018

Film pendek bertajuk Kado (A Gift) raih penghargaan di Festival Film Internasional Venice 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi Indonesia dibuat bangga oleh sineas muda berbakat Tanah Air. Film pendek bertajuk Kado (A Gift) karya sutradara muda Aditya Ahmad meraih kemenangan di Festival Film Internasional Venice 2018, Italia.

Film Kado yang juga disutradarai Mira Lesmana dan Riri Riza ini berhasil membawa pulang penghargaan dalam kategori film pendek terbaik. Kabar bahagia ini diumumkan langsung oleh Mira Lesmana melalui Instagram pribadinya.

"Kami sangat gembira untuk membagikan kabar baik dari Venice La Biennale: Miles Films’ new short film KADO (A Gift) oleh Aditya Ahmad telah memenangkan film pendek terbaik di Orizzonti - 75th Venice International Film Festival 2018," tulis Mira Lesmana di kolom keterangan.

Dalam foto, Mira Lesmana dan Riri Riza bersama Aditya Ahmad dengan bangga memamerkan piala kemenangan atas film Kado ini. "Selamat @ditsmad, kami sangat bangga padamu! selamat juga untuk semua kru dan pemain," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu-satunya dari Indonesia

Dan yang lebih membanggakan lagi, Aditya Ahmad ternyata adalah satu-satunya sineas dari Indonesia yang ikut berkompetisi di Festival Film Internasional Venice ke-75 itu.

Film Kado garapan Ahmad Aditya itu bersaing dengan 12 film pendek lain dari berbagai negara di ajang bergengsi tersebut. Dan ini bukanlah penghargaan pertama yang diraih pria 29 tahun tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram

@milesfilms proud to announce that our short film KADO (A Gift) has been selected for competition in ORIZZONTI - The 75th Venice International Film Festival 2018 - Italy @labiennale. . Congratulation for all of us! . Cast Isfira Febiana Anita Aqshary . Muh. Fadhil Aqilah Ricky Gunawan Fathul Dadang Nugraha Muh. Syuaib Dede Chandra Henry Aries Medva Gusti Flora . Music @myxomata . Sound designers @chacuchu @satriobudiono . Boomer @ajiucul . Art director @mu.zfah . Prop Master @bilal_rpn . Set dresser @nzmaster . Wardrobe @yu.andira14 . Make up @ifah76 . Cinematografer @rahmansaade . Assistant camera @una_uzand . Gaffer @thisrizal . Production Assistant @novsud_ . Production manager @adin.jpg . Line producer @damskyo . Producers @mirles @rizariri . Editor / Writer / Director @ditsmad . Equipment support @aim_production . Poster design @benangbaja . #BiennaleCinema2018 #Venezia75 #milesfilms #KADOshortfilm

A post shared by Aditya Ahmad (@ditsmad) on

3 dari 3 halaman

Penghargaan Pertama

Pada 2014 silam, film pendek garapannya yang bertajuk Sepatu Baru berhasil meraih penghargaan Special Mention untuk kategori Generation Kplus di Festival Film bergengsi Berlinale (Berline International Film Festival).

Film Sepatu Baru tersebut sejatinya merupakan tugas akhir Aditya saat menempuh pendidikan di Institut Kesenian Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.