Sukses

Roy Ricardo Kritik Penggunaan Barang Palsu Lewat Musik

Menurut Roy Ricardo, lagunya bukan dimaksudkan untuk menilai orang lain, melainkan untuk mengedukasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan yang lalu, rapper Roy Ricardo baru saja merilis single terbarunya yang berjudul "Barang KW". Pada single-nya kali ini, Roy Ricardo membahas mengenai kebiasaan banyak orang yang menggunakan barang palsu alias KW. 

Walaupun baru dirilis sebulan, single-nya ini sudah ditonton oleh lebih dari 250 ribu pasang mata. Menurut Roy Ricardo, lagunya bukan dimaksudkan untuk menilai orang lain, melainkan untuk mengedukasi.

Roy sendiri bercerita bahwa dirinya terinspirasi dari tingginya jumlah penonton video Youtube-nya pada konten yang membahas tentang barang KW. Sebelumnya, Roy Ricardo juga sempat melakukan social experiment dengan mengenakan produk KW ke toko merek orisinalnya.

"Inspirasinya kayak lagu-lagu gua sebelumnya, gua suka lihat dari apa yang ada di sekeliling gua, apa yang lagi banyak dibahas," jelas Roy Ricardo saat wawancara FB Live di kantor redaksi Liputan6.com, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Bentuk Kritik Sosial

Ini bukan lagu pertama Roy yang berbau kritik sosial. Pada single "Panjat Sosial", Roy juga membahas mengenai gaya hidup pamer.

Menurutnya, membuat musik adalah caranya mengkritisi fenomena sosial.

Melalui single "Barang KW", Roy Ricardo ingin mengajak masyarakat untuk menggunakan produk orisinal.

"Gua di sini bukan mau nge-judge orang. Gua cuma mau mengedukasi. Kalo bisa beli yang asli, lokal deh enggak apa-apa."

3 dari 3 halaman

Lebih Harafiah

Pada lagunya kali ini, Roy Ricardo membuat liriknya lebih harafiah. Hal ini berbeda dari beberapa lagu Roy lainnya yang lebih banyak menggunakan perumpamaan dan metafora.

Roy mengungkapkan, alasannya menggunakan lirik yang lebih to the point adalah agar tidak ada pendengar yang salah paham atau tidak mengerti makna yang ingin disampaikan lewat lagunya itu. (Felicia Margaretha/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini