6 Fakta Menarik tentang Masa Lalu Rowan Atkinson, Si Mr Bean yang Dikenal Tertutup

Oleh Ratnaning Asih pada 20 Jul 2018, 13:20 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:17 WIB
Lucu dan berbakat, itulah kalimat yang melekat pada seorang Rowan Atkinson atau Mr. bean (AP)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Rowan Atkinson? Orang pasti dengan mudah langsung menghubungkannya dengan karakter ikonis yang ia perankan, Mr Bean.

Popularitas Rowan Atkinson ternyata baru-baru ini dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab. Berita palsu mengenai kematian pria 63 tahun ini tersiar di media sosial.

Padahal, artikel tersebut sejatinya adalah kedok untuk mencuri informasi, atau agar program jahat bisa menyusup dalam komputer milik pengunjung situs tersebut.

Namun, coba lupakan sejenak segala berita meresahkan tentang komedian ini, dan kembali mengingat pada sosok Rowan Atkinson sendiri. Ternyata banyak sisi menarik dari Rowan Atkinson yang tak banyak diketahui orang.

Maklum saja, karena selama ini Rowan Atkinson dikenal sebagai pribadi yang sangat tertutup.

Apa saja? Berikut di antaranya.

2 dari 7 halaman

1. Masa Kecil Jadi Inspirasi Mr Bean

[Bintang] Rowan Atkinson
Rowan Atkinson. (AFP/Bintang.com)

Sosok Mr Bean yang aneh bin ajaib itu ternyata berasal dari masa kecil Rowan Atkinson itu sendiri. Terutama saat ia berusia 9 tahun.

Meski saat kecil ia tergolong anak yang ceria, Rowan Atkinson kerap menjadi sasaran perisakan (bullying). Rowan kerap diejek bahwa ia bersikap aneh dan terlihat seperti alien.

"Mr Bean itu sangat kental dalam diriku. Dia itu canggung secara sosial, egois, dan tak punya tata krama, tapi dia manis, lugu, dan punya niat yang sebenarnya baik," tutur Rowan Atkinson dalam artikel yang dimuat Independent pada 1998.

3 dari 7 halaman

2. Remaja Serius

Lucu dan berbakat, itulah kalimat yang melekat pada seorang Rowan Atkinson atau Mr. bean (AP)
Rowan Atkinson (AP)

Saat memasuki usia remaja Rowan Atkinson merasa dirinya adalah seseorang yang serius dan pendiam.

Namun, bungsu dari empat bersaudara ini kerap tampil sebagai komika, dan penampilan perdananya di atas panggung adalah pada usia 17 tahun. Hanya saja, kala itu ia tak merasa akan menjalani hal ini sebagai kariernya.

4 dari 7 halaman

3. Adik Kelas Tony Blair

Jokowi Dan Tony Blair 1
Jokowi Dan Tony Blair (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rowan Atkinson ternyata merupakan adik kelas dari mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di sekolah menengah di Durham, Inggris.

Saat Rowan Atkinson masuk sekolah itu pada usia 11 tahun, Tony Blair berusia 13 tahun. Menurut sang mantan kepala sekolah, John Grove, keduanya memiliki perilaku yang jauh berbeda.

Tony Blair adalah sosok murid yang aktif dan supel dalam pergaulan. "Rowan pemalu, kadang bicaranya sedikit gagap," kata dia.

5 dari 7 halaman

4. IPK Tertinggi

[Bintang] Rowan Atkinson
Rowan Atkinson. (AFP/Bintang.com)

Rowan Atkinson meraih gelar sarjana untuk jurusan Teknik Elektro di Newscastle University. Ia meraih nilai tertinggi di antara mahasiswa lain yang lulus seangkatan dengannya.

Tak heran, kala itu Rowan Atkinson merasa ia akan meniti karier di bidang ini.

6 dari 7 halaman

5. Perubahan Nasib

[Bintang] Rowan Atkinson
Rowan Atkinson. (AFP/Bintang.com)

Nasibnya mulai berubah setelah ia ditemukan oleh produser televisi John Lloyd, yang begitu bersemangat untuk mengajak Rowan tampil di sejumlah acara yang ia garap.

"Aku yakin dia akan menjadi lebih terkenal dibanding (Charlie) Chaplin," tuturnya, seperti dilansir dari Independent.

 

7 dari 7 halaman

6. Mr Bean yang Melegenda

[Bintang] Rowan Atkinson
Tidak hanya kali ini saja Atkinson dikabarkan meninggal dunia. Aktor dan komedian asal Inggris itu dikabarkan meninggal empat tahun silam. (AFP/Bintang.com)

Sepanjang kariernya, Rowan Atkinson telah tampil sebagai sejumlah peran. Mulai dari agen rahasia kocak Johnny English, hingga beragam karakter Blackadder yang bernuansa sejarah. Namun bisa dibilang perannya yang paling dikenal, adalah sebagai Mr Bean.

Mr Bean adalah tayangan komedi paling populer dalam pertelevisian Inggris. Di negaranya, acara ini telah disaksikan oleh 18 juta orang. Bahkan saat ditayangkan ulang, Mr Bean masih ditonton oleh 12 juta orang. 

Pada 1998, Mr. Bean telah disiarkan di 94 negara, termasuk Indonesia, dan sering ditayangkan ulang. Padahal, kala itu acara ini memiliki 14 episode saja.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

TWICE dan Isyana Masuk Daftar Forbes Sosok Berpengaruh