Aksi Penyelamatan Heroik Anak-Anak di Gua Thailand Bakal Difilmkan?

Oleh Ratnaning Asih pada 11 Jul 2018, 14:20 WIB
Gua Thailand

Liputan6.com, Bangkok - Beberapa hari ini, perhatian masyarakat dunia terfokus pada upaya penyelamatan heroik 12 anak dan satu orang dewasa yang terjebak di gua Tham Luang, Thailand. Para produser Hollywood langsung bergerak cepat, dan melihat kejadian ini sebagai sebuah peluang emas. 

Dilansir dari Variety, Rabu (11/7/2018), perusahaan Pure Flix Entertainment kini tengah mengusahakan untuk mendapat hak memfilmkan kejadian di Thailand itu.

"Aku tidak bisa lebih bahagia lagi; cerita ini begitu berarti untukku karena aku mengikutinya," tutur Managing Partner Pure Flix Entertainment, Michael Scott.

Michael Scott, yang memang tinggal di Thailand, bahkan datang langsung ke lokasi kejadian. Selama empat hari terakhir, ia disebut membantu proses evakuasi korban.

2 of 4

Menginspirasi

"Untuk melihat keberanian di dalam gua dan melihat perjuangan para penyelam yang begitu menyentuh," tuturnya.

Yang membuat kisah ini makin personal bagi Scott, adalah istrinya merupakan teman kecil dari Saman Kunan, penyelam yang tewas dalam upaya evakuasi ini.

"Kami melihat hal ini sebagai film yang bisa menginspirasi jutaan orang di dunia," tutur Michael Scott menambahkan.

3 of 4

Terjebak dalam Gua

9 Hari Hilang di Gua, 12 Remaja Thailand Ditemukan Kurus Kering
Tentara Thailand membawa tali untuk menyelamatkan tim sepak bola remaja Thailand dan pelatihnya yang terjebak di sebuah gua di Chiang Rai, Thailand, Senin (2/7). Unit penyelam AL Thailand menyebut korban diberi makan jel energi. (ROYAL THAI NAVY/AFP)

Seperti diberitakan sebelumnya, 12 anak-anak dari tim sepak bola dan pelatihnya yang berusia 25 tahun, hilang di gua Tham Luang sejak tanggal 23 Juni lalu. Saat mengeksplorasi gua ini, mereka terjebak di dalamnya karena saluran di gua tiba-tiba dibanjiri air hujan yang turun terus menerus.

Mereka bertahan dalam sebuah ceruk di gua, dengan persediaan air minum dan makanan yang terbatas. Pada 2 Juli lalu, seorang penyelam menemukan ke-13 orang ini hidup-hidup, dalam jarak 3,2 kilometer dari bibir gua.

4 of 4

Korban Tewas

9 Hari Hilang di Gua, 12 Remaja Thailand Ditemukan Kurus Kering
Tim penyelamat Thailand berjuang menyelamatkan tim sepak bola remaja Thailand dan pelatihnya yang terjebak di sebuah gua di Chiang Rai, Thailand, Senin (2/7). (Tham Luang Rescue Operation Center via AP)

Namun sulitnya medan, membuat seluruh korban baru bisa selesai dievakuasi pada 10 Juli kemarin. Artinya, para korban berada dalam gua tersebut selama 18 hari.

Saman Kunan, salah seorang penyelam yang ikut dalam operasi penyelamatan, tewas karena kehabisan oksigen.

Lanjutkan Membaca ↓