Sukses

Grup Jepang Ballistik Boyz Dicap Menjiplak BTS, Benarkah?

Ballistik Boyz dianggap menjiplak Bangtan Boys salah satunya karena sama-sama menggunakan kata Boyz.

Liputan6.com, Jakarta - Fans grup musik Korea hingga hari ini semakin militan saja. Pasalnya, belum lama ini muncul grup musik baru asal Jepang bernama Ballistik Boyz. Belum juga debut, pecinta musik Korea Selatan malah menganggap mereka meniru gaya Bangtan Boys alias BTS.

Ballistik Boyz sebelumnya sempat tampil di sebuah acara televisi dalam rangka promosi. Dari situlah boyband berisi pemuda tampan Negeri Sakura ini dianggap mirip dengan BTS.

Tak cuma nama Ballistik Boyz yang dianggap menjiplak Bangtan Boys karena sama-sama menggunakan kata "Boyz". Fans K-Pop menganggap Ballistik Boyz mengusung konsep hip hop yang tampilannya mirip dengan BTS saat membawakan lagu "DNA".

Bahkan, jumlah personel Ballistik Boyz yang berisi tujuh orang, dianggap mirip seperti BTS. Tiga kesamaan utama tersebut membuat warganet menuduh Ballistik Boyz sebagai plagiat BTS.

Lalu, benarkah Ballistik Boyz menjiplak Bangtan Boys alias BTS?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendapat Warganet

Meskipun belum diklarifikasi secara langsung oleh manajemen Ballistik Boyz, sebagian warganet berpendapat boyband Jepang tersebut tak bisa dicap meniru Bangtan Boys.

Menurut beberapa warganet di Twitter, kemunculan Ballistik Boyz sangat orisinal dan sama sekali tidak terinspirasi dari BTS.

Bahkan, warganet lainnya malah antusias dengan Ballistik Boyz karena membuat fans BTS ketir-ketir.

"Aku suka cara Ballistik Boyz yang baru terbentuk bulan lalu sudah membuat warganet Korea paranoid," ujar seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Terinspirasi oleh Doberman Infinity

Selain itu, ada pendapat dari warganet lain yang menyebut Ballistik Boyz justru terinspirasi oleh Doberman Infinity, grup hip hop Jepang yang terbentuk sejak tahun 2000 namun mengusung konsep era 1990-an.

Warganet yang membela Ballistik Boyz juga menyebut bahwa vokal dan rap grup Jepang tersebut berganti-ganti. Bahkan, konsep grup hip hop serupa juga sudah ada di Jepang sejak kemunculan Exile Tribe.

Kelakar lain dari warganet menyebutkan bahwa grup Ballistik Boyz tidak menyingkat nama mereka dengan BTZ. Dari berbagai pendapat warganet ini, kira-kira benarkah tudingan fans militan BTS terhadap Ballistik Boyz?

4 dari 4 halaman

Mengenal Ballistik Boyz

Dimanajeri oleh perusahaan Jepang LDH Entertainment, Ballistik Boyz diperkenalkan pertama kali kepada publik pada Mei 2018. Produser grup ini adalah Hiro EXILE yang menyebut semua personel bisa bernyanyi dan melantunkan rap.

Para personel Ballistik Boyz adalah Hidaka Ryuta, Kanou Yoshiyuki, Kaninuma Ryusei, Fukahori Miku, Okuda Rikiya, Matsui Riki, dan Sunada Masahiro yang rata-rata berusia 18 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini