Sukses

Selain Jang Ja Yeon, 4 Artis K-Pop Bunuh Diri Karena Hadapi Masalah Berat

Beberapa artis K-Pop ini memilih meangkhiri hidupmnya karena tidak tahan menghadapi masalah yang mereka alami.

Liputan6.com, Seoul: Jang Ja Yeon, pemeran Sunny dalam drama Boys Over Flowers mengalami kisah memiliukan. Aktris kelahiran 25 Januari 1980 itu ditemukan tewas pada 2009 silam di rumahnya.

Ia dikabarkan mengakhiri hidupnya karena tak tahan dengan perlakuan manajemennya. Sebuah laporan menyebutkan, Jang Ja Yeon dipaksa melayani 31 pria agar bisa menjadi terkenal.

Lebih parah lagi, puluhan pria yang dilayani Ja Yeon adalah pejabat dan orang penting di dunia hiburan Negeri Ginseng. Sebagai aktris pendatang baru, Ja Yeon tak bisa menolak karena itu permintaan dari manajemennya sendiri.

Alih-alih mendapatkan pembelaan, Jang Ja Yeon justru mendapatkan tindak kekerasan dari agensinya. Ia bahkan dikurung dalam kamar ketika dihujani dengan pukulan.

Tak tahan menghadapi masalah, beberapa artis Korea ini memutuskan bunuh diri, seperti yang dialami Jang Ja Yeon. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lee Eun Joo

Lee Eun Joo ditemukan tewas setelah mengiris nadi dan gantung diri di rumahnya, 22 Februari 2005. Lee Eun Joo merupakan artis berbakat Korea Selatan dengan kemampuan bermain piano.

Lee Eun Joo pernah beradu akting dengan Lee Byung Hun untuk film Bungee Jumping of Their Own. Bahkan, kemampuannya juga dipuji Cha Tae Hyun dalam Lover's Concerto.

Agaknya, Lee Eun Joo mengalami depresi dan penyakit mental lainnya. Semua itu terjadi setelah Lee Eun Joo bermain dalam The Scarlett Letter, membuatnya harus beradegan bugil. Lee Eun Joo disebut-sebut merasa bersalah dan menyesal harus tampil tanpa sehelai benang pun di depan kamera.

Beberapa lama setelah melakukan adegan itu, Lee Eun Joo insomnia akut, memutuskan bunuh diri. Lebih menyedihkan lagi, ia melakukan itu semua setelah lulus dari perguruan tinggi.

3 dari 5 halaman

Park Yong Ha

Park Yong Ha ditemukan telah kaku di rumahnya Nonhyun-dong, Seoul pada 30 Juni 2010 pada umur 32 tahun. Park Yong Ha memulai debut akting 15 tahun lalu dengan drama Love Blossoms (1995), dilanjutkan dengan Start pada 1996.

Nama Park Yong Ha melejit berkat drama Winter Sonata pada tahun 2002. Selanjutnya, Park Yong Ha makin terkenal hingga ke Jepang, serta bermain dalam drama terkenal lainnya, seperti ‘On Air (2008) dan Story of A Man (2009).

Melihatnya sukses di dunia akting, banyak fans yang bingung dengan keputusan sang aktor mengakhiri hidupnya. Sebuah kabar menyebutkan, Park Yong Ha bunuh diri karena tertekan menjalankan perusahaan manajemen miliknya sekaligus berkarier.

Selain itu, ia dikabarkan merasa bersalah ketika ayahnya didiagnosis menderita kanker. Hal itu memicunya melakukan perbuatan nekat.

4 dari 5 halaman

Kim Sung Min

Aktor Kim Sung Min yang memerankan Miss Mermaid (2002 - 2003) dan Lotus Flower Fairy (2004 - 2005) juga meninggal dunia akibat bunuh diri. Laman Channel News Asia mewartakan, Kim Sung Min ditemukan gantung diri di kediamannya, 24 Juni 2016.

Kim Sung Min pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menerima perawatan di St Mary Hospital di Seoul. Rupanya detak jantung Kim Sung Min berfungsi dengan baik, sang aktor masih bisa bertahan.

King Sung Min masih sempat diselamatkan setelah melakukan percobaan bunuh diri. Namun setelah dua hari dirawat, Kim Sung Min dinyatakan mengalami pendarahan otak.

Entah apa yang melatarbelakangi Kim Sung Min memilih mengakhiri hidupnya. Beberapa orang berspekulasi, Kim Sung Min mengalami depresi berat.

Pada 2012, Kim Sung Min pernah dipenjara karena tertangkap basah mengonsumsi obat-obatan terlarang. Kim Sung Min mendekam selama 2 tahun 6 bulan, dan baru bebas Januari 2015.

5 dari 5 halaman

Jonghyun SHINee

Jonghyun SHINee ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya di Cheongdamdong, di Seoul, 18 Desember 2017, Jonghyun langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, nyawanya tak tertolong lagi.

Pihak polisi setempat mengumumkan, Jonghyun tewas akibat gas karbon monoksida yang dihirupnya. Cara ini banyak dilakukan warga Korea Selatan yang menyerah dengan persoalan hidupnya, dan memutuskan bunuh diri.

Dari surat yang ditulis Jonghyun untuk seorang sahabatnya, penyanyi Nine9 dari grup idola Dear Cloud, tergambar bahwa pria 27 tahun itu mengalami depresi berat. Jonghyun juga sempat mengungkap bahwa ia melalui masa-masa yang sulit belakangan ini.

"Orang melakukan bunuh diri bukan karena ingin mati, melainkan ingin menghilangkan kesedihan dan penderitaannya," tulis sepenggal pesan Jonghyun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini