6 Idol K-Pop Ini Pernah Hidup Miskin Sebelum Terkenal

Oleh Desika Pemita pada 24 Mei 2018, 22:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2018, 22:00 WIB
V `BTS`

Liputan6.com, Jakarta Jadi idol K-Pop tampaknya menjadi impian bagi beberapa orang. Tentu saja, Hallyu Wave yang merajalela di dunia membuat nama mereka makin dikenal.

Berbondong-bondong, banyak orang yang berusaha mengikuti audisi demi menggapai impiannya sebagai artis di negeri ginseng. Setelah menjadi artis, mereka juga harus tetap bekerja keras agar bisa diterima publik.

Setelah sukses, uang dan ketenaran akan datang dengan sendirinya. Namun, tak banyak yang mengetahui fakta bahwa kehidupan beberapa artis Korea ini tak terlalu indah.

Siapa saja idol K-Pop yang pernah hidup miskin sebelum terkenal? Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber!

2 dari 7 halaman

Kim Jaejoong

Kim Jaejoong `JYJ`
Kim Jaejoong `JYJ` (jyj3)

Kim Jaejoong, member JYJ ini dianggap sebagai idola dengan visual yang sempurna. Jaejoong tampak seperti karakter anime yang diidolakan banyak wanita. Senyumnya yang hangat membuat penggemar histeris. Namun Jaejoong juga memiliki mimpi buruk dalam hidupnya.

Jaejoong merupakan anak adopsi karena ibunya tak bisa membiayainya. Jaejoong yang tak ingin terlalu menyusahkan keluarga angkatnya itu bekerja keras untuk menyambung hidup demi tempat tinggal dan makanan.

Jaejoong sempat bekerja dengan menjual darahnya. Jaejoong juga dikabarkan mengalami tuli sementara saat masih sekolah, maka impiannya menjadi penyanyi hanya harapan kosong.

Roda kehidupan memang berputar. Jaejoong rupanya berhasil menggapai impiannya. Kini, Jaejoong menjadi salah seorang idola terkenal tak hanya di Asia saja, tapi juga beberapa negara lainnya di dunia.

3 dari 7 halaman

Eunhyuk `Super Junior`

Eunhyuk `Super Junior`
Eunhyuk `Super Junior` (AllKpop)

Eunhyuk boleh saja dikenal sebagai salah seorang anggota Super Junior yang konyol. Sayangnya, hidup Eunhyuk tak terlihat menyenangkan. Ada kabar yang menyebutkan Eunhyuk besar dalam kondisi keluarga yang sulit.

Eunhyuk tak punya uang untuk belajar tambahan. Eunhyuk yang disebut-sebut telah memiliki bakat bernyanyi sejak kecil mengumpulkan uang dengan menjadi pengamen.

Bahkan, Eunhyuk sampai harus menumpang di stasiun saat ingin buang hajat atau mandi. Semua itu terjadi karena keluarganya terlalu miskin.

Kini, masa lalu Eunhyuk hanya tinggal kenangan. Sebagai personel boyband terlaris di ranah K-Pop, Eunhyuk bisa membuat keluarganya bangga dengan pencapaiannya itu. 

4 dari 7 halaman

Yunho `TVXQ`

Yunho TVXQ
Yunho TVXQ (Facebook/TVXQ)

Yunho, personel TVXQ yang mampu membuat penggemarnya--khususnya wanita--lumer, menelan pil pahit dalam hidupnya. Semua itu terjadi saat ayah Yunho mengalami kebangkrutan.

Yunho yang merasa bertanggung jawab membuatnya jadi bertindak lebih dewasa di usia 12 tahun, dengan membiayai kebutuhan adik perempuannya. Saat Yunho menggapai impiannya--dengan menjadi trainee di bawah SM Entertainment--ayah Yunho sangat marah. Namun Yunho tetap ingin menjadi idola, dilansir dari KoreaBoo.

Saat menjadi trainee, Yunho sama sekali tak punya uang untuk menyewa apartemen. Akhirnya, Yunho harus tidur di stasiun setiap malam seperti gelandangan.

Setelah bertemu Junsu, Yunho baru bisa menumpang di rumahnya. Kejadian menyedihkan yang pernah dialami Yunho lainnya: ia mengira ayahnya selingkuh dengan wanita lain. Akhirnya, Yunho membuntuti sang ayah pukul 4 pagi. Yunho justru terkejut saat melihat ayahnya menjadi loper koran untuk uang tambahan.

5 dari 7 halaman

Sandara Park

Sandara Park
Sandara Park (Weibo)

Sandara Park yang biasa dikenal dengan Dara, mantan personel 2NE1 yang sukses sebagai idol di bawah asuhan YG Entertainment. Sebelum terekenal, Dara memulai kariernya dari bawah sebagai model pakaian dalam.

Dara memulai kariernya di industri hiburan di Filipina. Namun ayah Dara menggunakan hasil jerih payahnya untuk berjudi atau menipu orang lain.

Untuk mendapatkan uang, Dara bahkan setuju untuk berfoto seksi. Hal itu tak pernah lagi dilakukannya sejak bergabung dengan YG Entertainment. Kondisi keuangan Dara makin parah setelah pamornya turun, diwartakan SBS.

Tak lama, ayahnya ditangkap. Dara dan keluarganya kembali ke Korea. Di negara asalnya, Dara rupanya mendapatkan kesempatan menata kembali kariernya sebagai artis.

Dara pun kini terkenal sebagai personel 2NE1 asuhan YG Entertainment. Hingga kini, wajah cantik Dara mebuatnya kebanjiran tawaran iklan dan pemotretan.

6 dari 7 halaman

Taeyang `BIGBANG`

[Bintang] Akan Menjalani Wajib Militer, Ini Ucapan Perpisahan Para Personel BigBang
Taeyang `BIGBANG` (Foto: allkpop.com)

Taeyang, member BIGBANG yang juga dikenal dengan karya solonya, termasuk "Ringga Lingga". Setiap Taeyang merilis single atau album, akan sukses di pasaran.

Lihat saja, single dari album Rise bertajuk "Eyes, Nose, Lips", menempati posisi tersendiri di hati penikmat musik. Bahkan, lagu tersebut sempat beberapa lama bertengger di deretan tangga lagu ternama di Korea Selatan hingga negara-negara lainnya, termasuk Jepang hingga Amerika.

Namun tak banyak yang mengetahui, sebelum sukses dan terkenal seperti saat ini, Taeyang pernah mengalami hidup yang sangat susah. Bahkan, orangtuanya tak bisa memberikannya makan, diwartakan KoreaBoo.

Taeyang bahkan harus merantau di usia 13 tahun untuk membantu keluarganya. Taeyang pun dnegan nekat menginjakkan kaki di Seoul, mencoba audisi di sebuah agensi. Rupanya Taeyang diterima karena kemampuannya menyanyi. Ia pun meminta untuk menjadi trainee agensinya, YG Entertainment, yang saat itu masih berkembang.

Rupanya perjuangan Taeyang tak sia-sia. Saat ini, ia menjadi salah satu idola K-Pop yang terkenal tak hanya di Korea Selatan, tapi juga hingga mancanegara.

7 dari 7 halaman

V `BTS`

V `BTS`
V atau Kim Tae Hyung `BTS` (wikia)

BTS berhasil melenggang di industri musik internasional dengan sukses menyabet piala Billboard Music Awards 2017. Bahkan, BTS berhasil menyingkirikan sederet artis ternama, mulai dari Ariana Grande hingga Justin Bieber.

BTS pun makin melebarkan sayapnya di ranah internasional, termasuk dengan tampil di American Music Awards 2017. Bahkan, BT juga berhasil membawa pulang piala dari Kids’ Choice Awards 2018.

Kesuksesan BTS tentu saja berdampak bagi seluruh personelnya, termasuk V. Salah satunya, jadwal yang makin padat dengan berbagai macam penampilan di depan penggemar. Awalnya, V berpikir mewarisi pekerjaan orangtuanya, menjadi petani. Kini, V menjadi salah satu idol paling populer di Korea Selatan.

Hidup V pun juga sangat miskin, ia berasal dari daerah yang tak terlalu terkenal di Korea Selatan. Saat itu, impiannya sangat sederhana yaitu ingin memberikan sedikit uang kepada orangtuanya.

Bahkan, V merupakan satu-satunya orang dari wilayah Daegu, Korea Selatan, yang berhasil lolos di audisi. Selanjutnya, V pun menjalankan trainee selama 3 tahun, debut bersama BTS. Kini, idol bernama Kim Tare Hyung sudah menjadi salah satu idol populer. 

Lanjutkan Membaca ↓