Pangeran Harry - Meghan Markle Resmi Jadi Suami Istri

Oleh Ratnaning Asih pada 19 Mei 2018, 18:45 WIB
Diperbarui 21 Mei 2018, 18:13 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry

Liputan6.com, London - Kisah cinta bak negeri dongeng milik Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya berujung bahagia. Hubungan mereka sebagai suami istri diresmikan di St George’s Chapel, Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018).

Meghan Markle menuju altar pernikahan dengan ditemani oleh sang ayah mertua, Pangeran Charles. Seperti ditampilkan dalam siaran langsung People TV, Pangeran Harry lantas menyambut sang mempelai wanita dengan senyum lebar. Di depan altar, keduanya tersenyum dan saling bertatapan. Sementara di bangku tamu undangan, ibunda Meghan Markle, Doria Ragland, tampak sesekali menyeka air matanya.

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, memimpin langsung upacara pemberkatan ini.

"Harry, apakah kau menerima Meghan untuk menjadi istrimu? Apakah kau akan mencintainya, membuatnya nyaman, menghormati dan melindunginya, meninggalkan yang lainny, setia padanya selama kalian berdua hidup?" tanya Uskup Agung Justin Welby, yang disanggupi oleh Pangeran Harry.

2 dari 3 halaman

Sumpah Pernikahan

Pangeran Harry, Meghan Markle
Meghan Markle dan Pangeran Harry (AP Photo)

Sepanjang upacara pernikahan berlangsung, Pangeran Harry nyaris tak pernah melepaskan tangan Meghan Markle dari genggamannya. Sesekali, ia mencuri pandang ke arah Meghan. 

Setelah sejumlah rangkaian upacara, tiba waktunya bagi Pangeran Harry dan Meghan Markle mengucapkan sumpah pernikahannya, dengan dituntun oleh sang Uskup Agung.

 

3 dari 3 halaman

Resmi Jadi Suami Istri

"Saya, Meghan, akan menerimamu, Harry, sebagai suamiku. sejak hari ini hingga seterusnya, dalam waktu baik maupun buruk, kaya maupun miskin, dalam sakit dan sehat, untuk mencintai dan menghargaimu, sampai maut memisahkan kita; seperti yang tertuang dalam hukum Tuhan. Aku mengucap janji ini di hadapan Tuhan," begitu isi janji pernikahan Meghan Markle.

Janji pernikahan Pangeran Harry pun persis dengan milik Meghan Markle. Bedanya, janji ini diawali dengan pernyataan bahwa Pangeran Harry menerima Meghan Markle sebagai istrinya. Sepanjang pengucapan sumpah sehidup semati ini, baik Meghan Markle tak menyembunyikan raut wajah bahagia mereka. 

Akhirnya Uskup Agung pun menegaskan, "Dengan ini aku menyatakan bahwa mereka sebagai sepasang suami istri."

 

Lanjutkan Membaca ↓