Sukses

Hamish Daud Lihat Alien di Dasar Laut?

Hamish Daud mengaku sangat menyukai kegiatan menyelam atau diving.

Liputan6.com, Jakarta Aktor ganteng Hamish Daud sangat menyukai kegiatan menyelam. Hampir sebagian besar laut di Indonesia pernah diselami oleh suami Raisa itu. Selain mengagumi keindahan dasar laut, Hamish Daud juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan bahari.

Hamish Daud mendirikan Indonesia Ocean Pride dan bekerja sama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan. Melalui gerakan yang telah ia rintis sejak empat tahun belakangan ini, Hamish Daud meluangkan waktunya untuk mengenal laut Indonesia lebih dalam lagi.

Hamish Daud yang juga penyuka olahraga air seperti surfing dan menyelam ini telah keliling Indonesia untuk menyelam. Namun, ia mengakui bahwa spot favoritnya adalah lautan sekitar Papua.

"Tapi you know 70 persen bumi kita laut, manusia baru eksplor 5 persen, offcourse aku excited, karena Papua itu banyak banget di dalamnya. Kalau masuk ke dalamnya itu beneran kayak dunia lain," tutur Hamish Daud saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Minggu (13/5/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketagihan

Keindahan bahari Papua membuat pria blasteran Australia-Indonesia ini selalu ketagihan dan penasaran. 

"Apalagi kalo night dive, itu (ikannya) ada yang kayak alien. Aku aja enggak tau nama-namanya. Liat di buku enggak ada. It's special and close to my heart," ujar Hamish antusias.

Perjalanannya ke berbagai spot diving ini tak hanya untuk liburan semata. Sambil menyelam, Hamish juga memperhatikan kondisi lingkungan laut setempat. Data yang ia dapatkan selama menyelam ini yang membantunya menentukan perawatan lingkungan laut yang telah rusak.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Laut

"Saya kerja dengan fondasi, kita jaga 1200 km persegi orang enggak boleh masuk enggak boleh mancing. Dulunya hancur karena bombing dinamit tapi sekarang kita jaga. Dalam 9 tahun kita jaga dan sekarang klo kita berenang di situ its full of fish. Itu bukti bahwa kalo kita sayang dan kita kasih waktu itu akan balik lagi," papar Hamish. 

Hamish ingin kesadaran akan pentingnya lingkungan laut ini dimiliki semua orang. Pasalnya kelestarian laut tentu akan membantu kelestarian hidup umat manusia juga.

"Go see what's in under water. Banyak yang harus kita tau dari dalam laut. Belajar sedikit tentang apa yang kalian belum tau. Kalau kalian udah tau you gonna love it and you will protect it," pungkas Hamish Daud.

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Rezka Aulia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.