Sukses

Peduli Warisan Leluhur, Ammar Zoni Belajar Silek Harimau Minangkabau

Ammar Zoni menceritakan pengalamannya belajar salah satu jenis bela diri asal Minangkabau, silek harimau.

Liputan6.com, Jakarta Aktor tampan Ammar Zoni tampaknya begitu serius dalam mendalami perannya. Seperti saat ini, ia tengah menekuni salah satu budaya Minangkabau, Silek Harimau.

Pengalaman Ammar Zoni ini pun diceritakannya di akun Instagram-nya pada Selasa (8/5/2018). Ammar Zoni nampak berpose dengan sang pelatih dengan seragam Silek Harimau.

Kekasih Ranty Maria ini mengungkapkan bahwa pelajaran dasar yang ia pelajari dalam Silek Harimau.

"Sedikit pelajaran untuk teman-teman tentang budaya warisan nenek moyang kita, pelajaran pertama dalam dasar silek harimau minangkabau adalah langkah ampek (4 langkah), yaitu Alif, Lam, Ha, Mim (BERSYUKUR)," tulis Ammar Zoni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Langkah-Langkah

"Berdiri Alif adalah beserah diri kepada Tuhan yg maha Esa. langkah Lam langkah meminta restu Ibu (Bumi yg dipijak) kepada segala yg ada terutama sang pencipta, langkah Ha langkah memohon izin kepada Ayah (langit) untuk meminta panoramic kekuatannya, langkah Mim langkah garak raso yg dimaksud menunggu gerak dari Allah sang pencipta," jelasnya lagi.

3 dari 5 halaman

Filosofi Silek Harimau

Ammar Zoni juga menjelaskan bahwa dalam pemahaman filosofi Silek Harimau, ada empat tingkatan manusia, mulai dari "manusia yang bukan seperti manusia" sampai "manusia yang sebenarnya manusia".

Dalam unggahannya ini, Ammar Zoni pun mencoba membuka mata publik untuk lebih peduli pada budaya yang diwariskan oleh leluhur.

4 dari 5 halaman

Dukungan

Unggahan Ammar Zoni ini pun ramai dikomentari warganet. Banyak warganet yang memuji kepeduliannya terhadap kebudayaan daerah Indonesia. Warganet yang juga mendalami seni bela diri lainnya pun ikut berkomentar dan memberi dukungan.

5 dari 5 halaman

Komentar Warganet

"Bagus ajaran y tingkatkan aku aja cwek mau bljr silat jg dr dlu cm dlu byr gk ada uang dan skrg udh dwsa jrg ada ajaran bela diri yg udh dewasa dan gk ada yg ngajarin jg smgt buat ilmu y" tulis akun @princessyahriana

"Sae pisan bang @ammarzoni melestarikan budaya Indonesia, sukses terus yaa. semangat" tulis akun @evaps92

"Tetap tau adat budaya alam minangkabau ya @ammarzoni , saluuut, sukses selalu ya kak!!!" tulis akun @henny_monique

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini