Kagumi Chrisye, Penyanyi Muda Ini Daur Ulang Lagu Lilin Lilin Kecil

Oleh Sapto Purnomo pada 09 Mei 2018, 14:20 WIB
Diperbarui 11 Mei 2018, 14:13 WIB
Chrisye

Liputan6.com, Jakarta Meski telah meninggal dunia, suara Chrisye tetap abadi di telinga pencinta musik Tanah Air. Bahkan tak sedikit musikus yang mendaur ulang lagu milik pria yang meninggal pada 30 Maret 2007 ini. Sebut saja Afgan yang menyanyikan ulang lagu "Panah Asmara", sedangkan D'Masiv melantunkan lagu "Pergilah Kasih".

Kini lagu Chrisye  didaur ulang oleh seorang penyanyi Ryan Chandra Widjaja. Remaja 14 tahun itu memilih lagu "Lilin Lilin Kecil", lantaran punya kisah tersendiri dengan lagu tersebut. Tepatnya, setelah menonton film tentang kehidupan musisi legendaris ini.

"Setelah nonton aku melihat Om Chrisye dari penyanyi band sampai jadi seorang musisi legendaris. Perjuangannya enggak gampang, kerja keras, itu membuat aku motivasi baru untuk menjalankan industri musik ini," ujar Ryan ditemui saat jumpa pers di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Untuk membuat lagu tersebut semakin enak didengar, Iwang Noorsaid selaku arranger, mengaransemen lagu ciptaan James F Sondah ini dengan nuansa yang berbeda. Ia menambahkan orkestra dalam lagu yang dirilis Chrisye pada 1977 ini. 

"Tantangan saya membuat musik untuk anak-anak yang menjadi remaja, jadi saya harus hati-hati untuk memasukkan unsur orkestra," ujar Iwang Noorsaid.

2 dari 3 halaman

Butuh Penjiwaan

Ryan Chandra Widjaja (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)
Ryan Chandra Widjaja (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

Ryan mengaku, sebenarnya tak mudah menyanyikan lagu "Lilin Lilin Kecil". Sebab lagu tersebut sudah sangat mencerminkan seorang Chrisye. Selain itu, lagu "Lilin Lilin Kecil" penuh makna dan penjiwaan untuk menyanyikannya.

"Saya memilih lagu ini karena belum banyak dinyanyikan banyak orang. Lagunya sangat simbolik. Jujur saya nyanyi pertama sangat kesusahan, karena lagu ini maknanya sangat dalam. Jadi masuk ke dalam lagu itu sangat susah. Menyanyi mah bisa, tapi rasa dan jiwanya kurang," Ryan menjelaskan.

 

3 dari 3 halaman

Didukung Istri Chrisye

Ryan Chandra Widjaja (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)
Ryan Chandra Widjaja (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

Langkah Ryan memopulerkan kembali lagu "Lilin Lilin Kecil" didukung oleh istri mendiang Chrisye, Damayanti Noor. Ia berharap Ryan mendapatkan berkah dengan menyanyikan ulang lagu milik suaminya.

"'Lilin Lilin Kecil' dulu membawa berkah buat Chrisye. Ini salah satu lagunya yang paling populer. Semoga Ryan juga mendapat berkah dalam kariernya," kata Damayanti Noor.

Lanjutkan Membaca ↓