Sukses

Film tentang Papua Jadi Jawara UnYUZUal Trip Film Festival

UnYUZUal Trip adalah festival film pendek yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta Festival film pendek 'UnYUZUal Trip Film Festival' berhasil memunculkan jawaranya. Setelah memasuki babak penjurian, sebanyak 10 film pendek terbaik dipilih dan memunculkan juara satu, dua, dan tiga. 

Dalam mendapatkan 10 finalis UnYUZUal Trip Film Festival, proses penyaringan ketat dilakukan oleh para dewan juri, seperti Ita Sembiring (produser dan penulis naskah), Kamila Andini(sutradara), Leonard Anthony (travel blogger Indonesia), dan Darius Sinatrhrya (aktor).

"Sebenarnya sih kita semua juri ngasih nilai. Pemenangnya berdasar tiga nilai tertinggi. Tapi saya cukup kaget karena ternyata kita ngasih nilai memang video-video hampir sama," kata Kamila Andini dalam jumpa per UnYUZUal Trip Film Festival di CGV Central Park, Jakarta Barat, Kamis (26/4/2018).

Kamila Andini mengatakan, penjurian bukan hanya dilihat dari gambar saja. Namun, dari proses pengerjaan sampai pesan dari film tersebut juga dinilai oleh dewan juri.

"Ada dari penyutradaraan maksudnya apakah ada treatment khusus, teknis juga kita liat quality-nya kayak apa. Termasuk keseluruhan. Terus apakah dia punya perspektif atau pesan yang beda melihat karyanya. Sama yang terakhir kesamaan tema Menemukan Indonesia. Itu kriterianya yang kita pilih," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Pertama

Berdasarkan penilaian juri, jawara film pendek 'UnYUZUal Trip Film Festival' adalah juara pertama, sineas asal Jakarta, Sugianto. Film yang berjudul Indonesia, Jawaban dari Sebuah Pencarian, Sugianto memilih Papua untuk dijadikan lokasi syuting. 

Itu filmnya kompilasi dari berbagai video perjalanan saya selama beberapa bulan dalam dua tahun terakhir ini cukup banyak eksplor tempat di Indonesia terus akhirnya digabungin, dijadiin satu. Tadi ada Indonesia Timur ada Papua di Raja Ampat, Wamena, Merauke. Maluku, ada Kepulauan Kei, Banda Neira, ada lagi di Sumba terus ada Borobudur, ada lagi di Sumatera deh," kata Sugianto.

"Indonesia ini terlalu luas gitu lho, kalau satu tempat itu enggak bakal bisa menggambarkan Indonesia sendiri. Indonesia kan Sabang sampai Merauke enggak adil kalau misalkan Indonesia cuman satu, emang sengaja dikompilasikan," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Hadiah Uang Tunai

Sementara itu, untuk juara dua dan tiga, diraih oleh sineas asal Jakarta, Ricky Sutomo dengan judul film Journey To The East dan M Falah Al Failah Sufi dengan judul film Keindahan Indonesia. 

Ketiga pemenang tersebut masing-masing sineas mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai 10 juta untuk juara pertama. Sedangkan juara dua dan tiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 7.5 juta dan 5 juta rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.