Sukses

Livi Zheng Rayakan Hari Kartini di Yale University

Livi Zheng diundang Yale University di Amerika Serikat tepat pada perayaan Hari Kartini.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Tepat pada peringatan Hari Kartini, 21 April 2018, sineas muda kelahiran Jawa Timur Livi Zheng diundang Yale University di Amerika Serikat. Di sana, Livi Zheng hadir menjadi salah satu pembicara dalam acara “2018 Northeastern Conference”, yang diselenggarakan oleh Yale University.

Yale University tercatat sebagai salah satu universitas terbaik di AS. Alumninya antara lain Bill Clinton, Presiden AS ke-42 tahun 1993-2001 dan dari dunia perfilman, pemenang Piala Oscar Jodie Foster dan Meryl Streep.

Di hadapan peserta yang terdiri dari mahasiswa S1 sampai Pasca Sarjana serta sejumlah profesor dari berbagai universitas di AS, diantaranya Harvard University, Cornell University, Columbia University, dan University of Pennsylvania, Livi Zheng berbicara tentang topik yang saat ini tengah trending di AS, yaitu tentang keberadaan imigran.

"Ini sebuah kebanggaan karena saya bisa berbicara di hadapan para akademisi dan sejumlah ilmuwan Amerika Serikat dari kacamata saya sebagai seorang imigran di sana” ujar Livi Zheng kepada Liputan6.com, Minggu (22/4/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengajar Tamu

Di samping menjadi pembicara di “2018 Northeastern Conference”, Livi juga diundang menjadi pengajar tamu di dua kelas Bahasa Indonesia di Yale University. Pengajar kelas ini adalah Indriyo Sukmono dan Prisna Aswarita Putri dari Indonesia.

Menurut Indriyo, kehadiran Livi di kelas Bahasa Indonesia, memberikan pengalaman dan kesan mendalam bagi para mahasiswa. Dalam kelas ini, selain menjadi guest native speaker Bahasa Indonesia, Livi juga mengenalkan beragam budaya Nusantara melalui cuplikan film-flm karyanya.

 

3 dari 3 halaman

Main Angklung

Sebagai tradisi penutup kelas Bahasa Indonesia tahun pertama, bacaan perihal tokoh dunia yang menginspirasi diajarkan. Dari Indonesia, Ibu Kartini, pionir emansipasi perempuan dan pendidikan dipilih menjadi bahan ajar. 

Pilihan ini juga berkaitan dengan berakhirnya semester ganjil (Spring semester) di sebagian besar universitas di AS pada akhir April dan peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Puncak dari bahasan Kartini adalah perayaan kelas yang antara lain menampilkan batik dan busana kebaya serta menyanyikan dan memainkan angklung lagu "Ibu Kita Kartini".   

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini