Sukses

Fakta di Balik Bebasnya Baekho NU'EST dari Kasus Pelecehan Seksual

Latar belakang hakim yang memutus bebas Baekho NU'EST dari kasus pelecehan seksual menyedot perhatian warganet.

Liputan6.com, Seoul - Baekho NU'EST kini akhirnya bisa bernapas lega. Ia telah terbebas dari tuduhan pelecehan seksual yang selama delapan bulan ini menderanya.

Pada Senin (16/4/2018) Soompi memberitakan bahwa pengadilan telah menutup kasus ini dan menyatakan Baekho NU'EST bebas dari tuduhan.

Hal ini juga telah dikonformasi oleh agensi yang menaungi Baekho NU'EST, Pledis Entertainment. "Kami menerima pernyataan resmi pada hari ini bahwa ia telah dibebaskan dari segala tuntutan," tutur juru bicara Pledis.

"Ini adalah bukti bahwa apa yang dituduhkan tidak pernah terjadi sedari awal, dan Baekho sama sekali tak bersalah," tutur juru bicara tersebut menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecurigaan Warganet

Dilansir dari Allkpop, setelah keputusan ini keluar, sebagian warganet menduga bahwa hakim yang memutuskan kasus ini adalah seorang pria, sehingga lebih berpihak pada Baekho NU'EST. Bahkan ada yang menduga bahwa Pledis telah menyuap hakim tersebut.

Namun faktanya, hakim yang memutuskan hal ini adalah seorang wanita, yang berpengalaman dalam menangani sejumlah kasus yang melibatkan selebritas hingga CEO. Ia bahkan telah menangani sejumlah kasus pelecehan seksual. Sang hakim juga sebelumnya memutus sutradara Lee Youn Taek bersalah atas kasus pelecehan seksual.

Karena itulah, banyak warganet yang akhirnya meyakini bahwa keputusan ini adalah benar-benar sahih.

3 dari 4 halaman

Tuduhan Sejak 2009

Kasus ini berawal pada Juni tahun lalu, di mana seorang wanita yang tak disebutkan identitasnya mengaku telah dilecehkan oleh Baekho NU'EST di dalam bus. Menurut wanita ini, kejadian tersebut terjadi pada 2009 saat mereka masih duduk di bangku SMP.

Pada September tahun lalu, kasus ini kemudian dibawa ke pengadilan.

4 dari 4 halaman

Adik dari Teman Lama

Sejak awal kasus ini mencuat, Pledis Entertainment telah membantah semua tuduhan ini. Kala itu mereka juga menyatakan akan mengambil tindakan hukum yang keras atas masalah ini.

Pledis juga menyatakan bahwa wanita yang melayangkan tuduhan pada Baekho ini adalah adik dari teman lama pria yang bernama asli Kang Dongho ini. Bahkan keluarga mereka pun telah lama saling mengenal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.