Sukses

Ibunda Jokowi Kagum dengan Koleksi Anna Mariana

Ibunda Presiden Jokowi mengunjungi butik Tenun dan Songket Anna Marianna.

Liputan6.com, Jakarta - Sudjiatmi Noto Mihardjo atau yang dikenal sebagai ibunda Presiden Joko Widodo alias Jokowi, baru saja dibuat terpukau oleh beragam koleksi tenun dan songket di butik Anna Mariana.

Ibunda Presiden Jokowi tersebut mengunjungi butik Tenun dan Songket Anna Marianna di Jalan Kartika Utama, SM 29, Pondok Indah Jakarta Selatan, Jumat, (6/4/2018) lalu.

Kedatangangan Sudjiatmi Noto Mihardjo di Butik Anna Mariana turut ditemani oleh tiga anak perempuannya, Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Adik ipar Jokowi, Musdalifah, juga turut datang.

Sebagai tuan rumah, Anna Mariana menyambut ibunda Presiden Jokowi dan keluarga bersama sang suami, Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha SH, MS, MSc.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bersilaturahmi

"Ini hanya kunjungan balasan, saya biasa datang bersilaturahmi ke Eyang kalau sedang ke Solo. Kini giliran Eyang dan keluarga datang ke Jakarta," ujar Anna kepada awak media. Ia menambahkan, mereka memang tinggal berdekatan di Solo.

Di dalam butik Anna Mariana yang memajang ribuan kain tenun dan songket dari seluruh Nusantara, Eyang (panggilan ibunda Jokowi) selalu berhenti sesaat sambil mengamati teliti dengan penuh kekaguman.

Ia tampak berjalan secara perlahan sambil mengamati satu persatu koleksi yang terpajang di ruang utama maupun ruang khusus songket dan tenun Bali serta Betawi milik Anna.

"Ini yang pernah saya bilang ke Eyang, tentang tenun dan songket Betawi karya terbaru saya," kata Anna saat memasuki ruangan yang memamerkan koleksi tenun dan songket Betawi.

3 dari 4 halaman

Hanya Mengenal Batik

"Selama ini, wastra di Betawi hanya mengenal Batik. Dan sejak tahun 2016, saya coba membuat karya yang khas berupa tenun dan songket Betawi dan ini sudah dikukuhkan oleh Pemda DKI sebagai wastra tradisional miliki Betawi," sambungnya.

Bukan hanya koleksi kain tenun dan songket dan busana milik Anna yang membuat Eyang terkagum-kagum. Eyang juga cukup lama mengamati koleksi kain tenun yang sudah diubah Anna menjadi beragam barang interior. Sebut saja tirai, kap lampu, perlengkapan set meja makan berikut alas makan, bantal kursi, dan lain sebagainya.

"Pasar kain tenun untuk dijadikan barang interior semacam ini sangat diminati di luar negeri. Terutama untuk hotel. Karena menjadikan tampilan hotel berbeda dan berkesan sangat eksklusif," kata Anna pada Eyang.

 

4 dari 4 halaman

Pengacara

Anna Mariana, SH, MBA, seorang wanita pengacara yang secara total terjun melestarikan berbagai jenis kain tenun tradisonal seperti songket dan tenunan tradisional Indonesia lainnya.

"Insya Allah, kami akan mengadakan pagelaran Budaya Indonesia di ajang New York Fashion Week dan New York Now, sekaligus peresmian butik saya House of Marsya di New York," ujar Anna memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini