Sukses

Pendiri Studio Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

Liputan6.com, Tokyo - Ada satu kabar duka bagi pencinta film-film animasi Ghibli. Isao Takahata meninggal dunia pada usia 82 tahun di sebuah rumah sakit di Tokyo, Jepang pada Kamis, (5/4/2018) kemarin.

Isao Takahata, adalah pendiri studio Ghibli bersama Hayao Miyazaki,Toshio Suzuki, dan Yasuyoshi Tokuma.

Dilansir dari Variety, Jumat (6/4/2018), menurut sejumlah media Jepang, kesehatan Isao Takahata telah menurun sejak musim panas tahun lalu karena jantungnya melemah.

Namun, belum ada detail pasti yang menyebut penyebab kematiannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejak Tahun 60-an

Isao Takahata memulai kariernya di bidang anime dengan bergabung di Toei Animation. Ia menyutradarai Horus: Prince of the Sun pada 1968.

Tahun 1985, ia lantas menjadi salah satu pendiri Studio Ghibli. Dilansir dari Japan Times, hubungannya dengan pendiri studio ini yang lain, Hayao Miyazaki, kerap digambarkan sebagai teman sekaligus rival.

3 dari 3 halaman

Grave of The Fireflies

Film animasi Ghibli pertama yang ia sutradarai sekaligus ia tulis, adalah Grave of the Fireflies yang dirilis pada 1988. Film ini menceritakan tentang kerasnya kehidupan saat Perang Dunia II di Jepang dalam perspektif anak-anak.

Beberapa bagian dalam film ini, terinspirasi dari kejadian nyata yang dialami Isao Takahata semasa kecil.

Grave of the Fireflies dikenal sebagai salah satu karya besar Isao Takahata. Beberapa film Ghibli lain yang ia sutradarai antara lain Kiki's Delivery Service, Pom Poko, My Neighbors The Yamadas, dan The Tale of Princeas Kaguya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini