Sukses

Joko Anwar Tampilkan Karakter Gundala yang Kompleks di Film

Joko Anwar akan memasukkan elemen cerita dari komik asli Gundala, tapi disesuaikan dengan masa kini.

Liputan6.com, Jakarta Joko Anwar telah resmi ditunjuk sebagai sutradara film Gundala, yang diangkat dari komik karya Harya Suraminata, atau yang lebih dikenal dengan nama pena Hasmi.

Tak hanya itu, dalam film Gundala ini ia juga bertindak sebagai penulis skenario film garapan Screenplay Films dan Bumilangit Studios yang bekerja sama dengan Legacy Pictures tersebut.

Joko Anwar menyebutkan bahwa sejak kecil, ia memang dekat dengan cerita komik Gundala.

"Aku besar di tahun 80-an, dekat sekali dengan karya-karya lokal, salah satunya Gundala. Waktu kecil aku merasa ini sesuatu yang menjawab kerinduan akan ikon pembasmi kejahatan," tuturnya dalam wawancara dengan Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakter yang Kompleks

Ia menambahkan, bahwa kekaguman ini tak hanya berdasarkan kemampuan Gundala untuk menumpas kejahatan saja. Namun juga karakternya yang kompleks.

"Kalau menurut background dari Pak Hasmi, Gundala punya latar belakang yang membuat dia tidak cuma satu dimensi tapi multidimensional, karakternya kompleks. Dan itu yang kita coba untuk kita tuangkan di film Gundala ini," tutur Joko Anwar.

3 dari 4 halaman

Jakarta Masa Kini

Lantas, semirip apakah film ini nantinya dengan versi komiknya?

"Sebagai salah satu pengagum Gundala dan Pak Hasmi aku mencoba memasukkan elemen dalam cerita Pak Hasmi, tapi tentunya akan aku update sensibilitasnya supaya sesuai dengan penonton zaman sekarang," kata dia.

Salah satu bentuk penyesuaiannya, adalah latar film ini yang berada di Jakarta pada masa sekarang.

 

4 dari 4 halaman

Syuting Agustus

Film Gundala kini tengah dalam masa perampungan praproduksi. Syutingnya sendiri, rencananya akan digelar pada Agustus mendatang.

"Skrip sudah selesai, sekarang dalam proses finalisasi pemain, sudah mulai desain koreografi, sudah mulai revisualisasi seperti misalnya storyboard," tuturnya.

Gundala, diperkirakan akan tayang pada tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.