Sukses

Tanpa Bayang-Bayang Oki Setiana Dewi, Ria Ricis Jadi Selebgram Ngetop

Di awal merintis kariernya, banyak yang tidak tahu bahwa Ria Ricis merupakan adik dari Oki Setiana Dewi.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar nama Ria Ricis tentunya kita sudah terbayang dengan sosok vloger sekaligus selebgram berwajah imut. Popularitasnya menanjak begitu ia sering mengunggah konten-konten lucu serta berbagai meme di Instagramnya.

Ria Ricis sendiri diketahui membangun konten media sosialnya dari nol. Di awal merintis kariernya, tentu saja banyak yang tidak tahu bahwa gadis kocak ini merupakan adik dari Oki Setiana Dewi. Ditambah, keduanya memiliki sifat yang jauh berbeda.

Ria Ricis bahkan sempat tak menduga konten-kontennya bakal laris. Padahal, ia awalnya sekadar iseng mengunggah video-video lucunya.

Sejak kecil, Ria Ricis diketahui sudah menjadi sosok perempuan yang sering meramaikan suasana dengan sifatnya kocaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Enggan Menebeng Nama Oki Setiana Dewi

Bernama asli Ria Yunita, Rica Ricis yang lahir di Batam pada 1 Juli 1995. Ia dibesarkan bersama kedua kakaknya, Oki Setiana Dewi dan Shindy Kurnia Putri. Kedua kakaknya itu memiliki sifat pendiam ketimbang adiknya.

Sejak awal mengunggah video-video lucunya lewat Instagram, Ria Ricis berhasil meraih kepopuleran murni dari kontennya. Saat itu, memang tidak banyak yang tahu bahwa Ria Ricis yang lucu merupakan adik dari Oki Setiana Dewi.

Ria Ricis sendiri merupakan mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Pancasila. Ya, meskipun sangat sibuk dengan segala kegiatan mengisi konten Instagram dan Youtube, serta muncul di televisi, Ria Ricis tetap melanjutkan pendidikannya.

3 dari 6 halaman

Banyak Pendapatan di Usia Muda

Ria Ricis saat ini memiliki follower Instagram 8,2 juta serta subscriber Youtube 3 juta. Melalui angka ini, bisa diperkirakan bahwa Ria Ricis bisa memanen pundi-pundi emas dari konten media sosialnya.

Ricis juga menerima endorse dengan konten-konten lucu buatannya yang merupakan iklan dari sebuah produk. Dalam satu bulan, ia bahkan bisa menerima 50 endorse lewat medsosnya itu. Tentu terbayang berapa penghasilannya bila setiap unggahannya bernilai jutaan rupiah.

Baru 23 tahun, Ria Ricis sudah memiliki pendapatan besar, apalagi setelah ia sukses menjadi selebgram dan vloger di Youtube. Ia juga menjelajahi dunia entertainment. Wajah Ricis pun muncul di berbagai stasiun televisi di Indonesia.

Ria Ricis dan kakaknya juga memiliki bisnis seperti kue kekinian Surabaya Patata dan juga Ayam Geprek Ok-Cis. Meskipun masih muda, Ricis memang seolah berusaha membuka peluang berkarya di banyak bidang.

4 dari 6 halaman

Squishy yang Menjaring Jutaan View

Di awal membuat konten Youtube, Ria Ricis memang masih fokus pada konten-konten yang lucu. Namun belakangan, ia semakin banyak mengunggah video soal squishy. Postingannya yang mengusung konten squishy itu berhasil menembus angka jutaan.

Meskipun begitu, Ria Ricis tetap mengunggah vlog maupun video challenge di akun Youtube-nya.

Sebagai pecinta squishy, Ricis memang memiliki banyak koleksi. Ia juga kerap mengajak viewer-nya untuk unboxing, dan tak jarang membuat giveaway squishy pula.

Anak-anak sampai remaja, bahkan orang dewasa pun banyak yang tertarik pada squishy. Karena itulah konten Ria Ricis ini laris manis.

5 dari 6 halaman

Konten Kotroversi

Menjadi vloger dan selebgram, tentu perjalanan Ria Ricis tidak melulu mulus. Beberapa konten yang diunggahnya sempat berakhir menjadi kontroversi. Salah satu yang cukup lama dibahas adalah video Ricis membuang squishy ke toilet dan ke laut.

Bahkan untuk konten squishy yang dibuang ke laut telah dihapus. Sedangkan video squishy yang dibuat ke toilet, kolom komentarnya telah dinon-aktifkan hingga sekarang.

Ricis menjelaskan, meski ia membuat konten membuang squishy, ia tak benar-benar melakukannya. Pada akhirnya, ia tetap mengambil lagi squishy-nya itu.

Hingga sekarang, Ricis masih memiliki banyak haters. Tak hanya konten yang dikritik, mereka juga banyak menyinggung penampilan kocak Ricis yang dianggap tidak cocok dilakukan wanita berhijab.

6 dari 6 halaman

Cara Menanggapi Haters

Memiliki banyak haters, Ricis mengaku tidak terlalu ambil pusing. Pasalnya, sebagai manusia pasti selalu mendapat komentar positif maupun negatif. Apalagi, semua orang memiliki hak untuk menyampaikan opini.

"Setiap komentar, mau itu positif atau negatif pasti ada. Kita tidak bisa membuat semua orang suka sama kita. Ricis dan tim jadikan komen-komen tersebut untuk evaluasi ke depannya. Semoga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi," ungkap Ricis.

Sebagai vloger dan selebgram, Ricis memiliki follower yang kebanyakan berusia muda. Bisa jadi karena konten yang disajikan bisa dinikmati oleh mereka. Kalau kamu salah satu penggemarnya Ria Ricis, tentunya tak akan melewatkan satu pun konten-konten uniknya.

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Ayu Srikhandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.