Sukses

Anak Diserang Virus Roseola, Tya Ariestya Bagikan Cara Menanganinya

Dalam unggahannya, Tya Ariestya menceritakan pengalamannya bagaimana cara menangani sang anak ketika terkena virus Roseola.

Liputan6.com, Jakarta Unggahan terbaru Tya Ariestya menarik perhatian publik. Tya Ariestya membagikan sebuah fotonya bersama anaknya, Kanaka, di akun Instagram miliknya. Dalam foto tersebut terlihat keduanya tersenyum lebar dengan banyak stiker menempel pada bagian wajah.

Dalam unggahannya, Tya Ariestya menceritakan pengalamannya ketika sang buah hati terkena virus Roseola.

Tya Ariestya juga menjelaskan, bahwa virus Roseola sendiri merupakan sebuah virus yang biasanya menyerang bayi atau anak-anak usia enam bulan sampai dua tahun. Salah satu gejalanya yaitu demam tinggi dan bintik-bintik merah yang muncul setelah demam turun.

Dalam keterangan foto tersebut ia menuliskan, "Anaknya udah mandi, bundanya blm mandi. Happy bgt main pasang copot stiker di muka bunda, liat ig story yaaaa," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dikira Campak

"Alhamdulillahhhh semalem kanaka udah gak demam lg, kmaren sempet kaget krn banyak merah2 di badannya kanaka dan klo di akumulasi demam kanaka 3hari (tiap malem aja) yg 1 hari demam cm di hari pertama aja," jelasnya.

Tya bercerita bahwa Kanaka menderita demam dengan suhu badannya yang selalu di atas 39 derajat. Awalnya, ia mengira anaknya menderita campak, namun ternyata setelah konsultasi dengan dokter, baru diketahui Kanaka terkena virus Roseola.

3 dari 5 halaman

Pengobatan Rumah

Dalam unggahannya ini, Tya juga membagikan resep obat yang dapat dikonsumsi jika bayi terkena virus Roseola. Ibu satu anak ini mengatakan bahwa pengobatannya dapat dilakukan sendiri di rumah.

"Biasanya virus ini bs hilang dlm waktu 3-5hari, dan sebaiknya klo demam cukup tinggi diatas 39 segera minum paracetamol/ibuprofen krn bs memicu timbulnya kejang demam," jelasnya.

"Pengobatan roseola dpt dilakukan sendiri di rmh, pastikan buat udara yg sejuk, bs pake diffuser + essential oil utk immune booster jg spy udara lbh bersih, jgn lupa jaga2 penurun demam ya! (antisipasi panas diatas 39 jgn sampe kejang demam)," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Kondisi Terakhir

Tya pun menceritakan kondisi terakhir Kanaka. Untungnya kini demam Kanaka sudah hilang. Ia juga menambahkan, anaknya saat ini tidak ia bawa keluar rumah dulu sehingga tidak menularkan virusnya ke orang lain.

"Alhamdulillahhhh bintik2 nya udah keluar dari kmaren, dan dokter nya Kanaka @mel97819 jg nyaranin utk kanaka mandi sore kmaren dan semalem udah gak demam lg. Semoga si virus sudah pergi! Dan utk sementara Kanaka aku rumah kan dulu supaya gak menularkan ke anak2 lain," tulisnya.

5 dari 5 halaman

Menular

Dalam akhir tulisan diunggahannya Tya menuliskan bahwa virus Roseola ini dapat menular. Bahkan hingga kini belum ada vaksin untuk mencegahnya. "Semoga share nya bermanfaat yaaaaaaaa ibu2! Intinya jangan panik klo anak2 sakit& selalu konsultasi sm Dokter anak masing2 yaaaa." tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini