Sukses

Aksi Rio Dewanto Kasih Penyuluhan ke Petani Kopi

Rio Dewanto belakangan aktif mempromosikan kopi khas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bermain dalam film Filosifi Kopi membuat Rio Dewanto banyak tahu segala macam tentang kopi. Dari cara pengolahannya, sampai menjadi kopi yang siap dihidangkan.

Menurut Rio Dewanto, banyak rasa kopi Indonesia yang nikmat. Namun sayangnya, para petani kopi masih ada yang kurang paham bagaimana menanam kopi yang tepat, untuk menghasilkan biji kopi yang nikmat.

Makanya, suami aktris Atiqah Hasiholan itu kini menjadi aktivis kopi. Rio berusaha memberikan penyuluhan kepada petani kopi, agar hasil panennya baik.

"Salah satunya itu bertemu dengan pelaku industri kopi untuk cari tahu problem apa sampai detik ini kita terus perjuangkan itu," ujar aktor dan model ini saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Kopi yg baik ketika batang bercabang atau harus dipotong caranya biar kualitasmya baik gimana dengan kurasi ini dan itu, menurut saya penting untuk bisa akses yg lebih luas lagi," sambung Rio Dewanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rasa Kopi Khas

Menurut Rio Dewanto, apa yang dilakukannya bersama agar membuat kopi Indonesia semakin mendunia. Terlebih hampir setiap daerah punya cita rasa kopi.

"Rasanya kopi di Indonesia punya khas, sepeti Toraja, kopinya beda dan nikmat. Biar kopi Indonesia itu semakin dikenal dunia," ujar Rio Dewanto.

3 dari 4 halaman

Konsistensi

Konsistensi dalam menjadi aktivis kopi sangat diperlukan. Sebab bila berhenti di tengah jalan, apa yang telah dicita-citakan dan telah disusun sedemikian rupa, akan sia-sia saja.

"Kita harap ini dengan konsisten yg kita lakukan mudah-mudahan lebih berkembang lagi," ujar ayah satu anak ini.

4 dari 4 halaman

Di Tangan Petani

Enak atau tidaknya kopi berada di tangan para petaninya. Dengan penyulughan yang baik, semoga kopi yang dihasilkan punya citarasa yang baik pula.

"Sebelum dilakukan meracik kopi, kopi kan melalui prosesnya panjang. Ketika habis dipetik ada proses pengeringan. Itu juga mempengaruhi cita rasa kopi sendiri. Kira-kira kita pengen dapat apa dari kopi," kata Rio Dewanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.