Sukses

Lagu Baru EXO-CBX Disebut Plagiat Lagunya, Anji Beri Penjelasan

Salah satu lagu EXO CBX disebut-sebut menjiplak lagu Anji yang berjudul "Kekasih Terhebat", karena hal ini Anji pun memberi penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sering kali terjadi kemiripan antara satu lagu dengan lagu lainnya. Namun, hal tersebut sering membuat orang menuding pihak yang baru merilis lagu sebagai plagiat.

Kali ini, salah satu boygrup Korea Selatan disebut-sebut menjiplak karya musisi Indonesia. EXO-CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin) baru-baru ini merilis lagu berjudul "Someone Like You" sebagai soundtrack drama Live.

Banyak yang menilai bahwa lagu "Someone Like You" memiliki kemiripan dengan lagu milik Anji, "Kekasih Terhebat". Karena hal tersebut, Anji pun langsung memberikan penjelasannya melalui akun Instagram pribadinya pada Jumat (30/3/2018).

Anji mengunggah video lagunya dan juga lagu EXO CBX dalam satu video. Dalam video tersebut, Anji juga menuliskan penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lagu EXO Mirip Anji

"LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea." tulis Anji pada keterangan unggahannya.

3 dari 5 halaman

Plagiat

Anji juga menjelaskan bahwa lagu yang mirip bukan berarti plagiat. Sebagai seorang musisi, ia menilai wajar jika ada sedikit kemiripan di antara satu lagu dengan lagu lainnya.

"Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain." tambahnya Anji.

4 dari 5 halaman

Tidak Terima

Dalam video tersebut, terdengar potongan lagu "Someone Like You" di bagian awal. Lalu disambung dengan lagu "Kekasih Terhebat" versi bahasa Mandarin juga diputar. Kedua lagu tersebut memang terdengar mirip di bagian awalnya.

Para warganet pun memberikan berbagai komentar mengenai pernyataan Anji tersebut. Namun, banyak dari mereka yang tidak terima bahwa Anji membawa nama EXO. Menurut beberapa warganet, lagu tersebut sebenarnya hanya soundtrack sebuah drama bukan dibuat oleh EXO.

5 dari 5 halaman

Warganet

"Sayangnya cbx engga kenal kak Anji ataupun ga pernah denger lagu kak Anji. dan yg nyiptainpun belum tentu denger lagu kak Anji, boro2 dengerin, kenal aja enggak kali ya :v. Jadi, jangan menuduh dulu :)" tulis akun @fa._rt._.

"Kak anji aku cuma mau bilang kalo EXO-CBX itu hanya menyanyikan lagu, dan bukan lah mereka yg membuat lagu itu dan lagu itu merupakan OST dr drama korea @duniamanji" tulis akun @_r_p_098.

"maaf tapi ini bukan LAGUny EXO tapi ost yang di beri sama film tersebut untuk diNYANYIkan oleh EXO jd menurut saya disini EXO gaada sangkut pautnya krn mereka hanya menjalankan" tulis akun @yerimiesquirtle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.