Sukses

Bukan Penyakit Biasa, Reza Rahadian Ingin Masyarakat Melek TBC

Reza Rahadian terlibat dalam aksi kampanye penyakit tuberculosis (TBC) di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran penyakit tuberculosis (TBC) di Indonesia masuk kategori mengkhawatirkan. Buktinya, Indonesia jadi negara nomer dua terbanyak penderita TBC di dunia.

Fakta tersebut membuat aktor Reza Rahadian miris. Ia pun bergerak membantu mensosialisasikan dampak penyakit TBC ke masyarakat.

Sosialisasi yang dilakukan Reza Rahadian berbarengan dengan kampanye #PeduliKitaPeduliTBC di Jakarta, Minggu (25/3/2018).

"Saya tertarik dengan kampanye yang berdampak positif," kata Reza Rahadian.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teman Kena TBC

Reza Rahadian mengenal lebih dekat soal TBC ketika salah satu sahabatnya terkena penyakit yang jumlah penderitanya di Indonesia terbanyak kedua di dunia.

"Dulu saya tahu dari sahabat yang kena, sekarang TBC enggak kayak dulu yang penderitanya harus diisolasi," kata Reza Rahadian.

 

3 dari 4 halaman

Rajin Konsumsi Obat

Dari pengalaman temannya, Reza mengetahui bahwa penderita TBC harus rutin mengonsumsi obat selama enam bulan tanpa henti. Pengidap TBC juga harus menjaga kesehatan, rajin berolahraga dan berhenti merokok.

Reza berharap partisipasinya bisa membantu memperluas jangkauan kampanye untuk membuka mata masyarakat mengenai penyakit ini.

4 dari 4 halaman

Kampanye Antikekerasan

Sebelumnya, Reza juga pernah terlibat dalam kampanye penghapusan antikekerasan berbasis gender dan seksual sampai kampanye Generasi Lebih Baik. Aktor 31 tahun ini melakukannya di sela waktu senggang, terutama ketika tidak ada pengambilan gambar.

"Di film, syuting sebulan, sisanya enggak ngapa-ngapain. Kalau promo (film) baru ada (kegiatan), tapi enggak tiap hari ke luar kota, selalu ada waktu untuk apa pun di luar syuting," jelas dia. (Ant)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.