4 Kali Diajak Manggung David Foster, Dira Sugandi Tetap Grogi

Oleh Telni Rusmitantri pada 24 Mar 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 26 Mar 2018, 10:13 WIB
[Bintang] 8 Artis Indonesia yang Jago Bela Diri

Liputan6.com, Jakarta Dira Sugandi selalu bisa menaklukkan lagu jenis apapun. Panggung sekaliber internasional juga sudah disambangi, seperti Java Jazz Festival. Tapi, saat manggung bareng David Foster, Dira Sugandi mengaku tetap grogi. 

"Tahu nggak David? Sudah 4 kali manggung dengan Anda, tapi saya tetap grogi," kata Dira Sugandi dalam bahasa Inggris, di atas panggung konser Hitman and His Friends, di Dyandra Convcention Center, Surabaya, Kamis (22/3/2018) malam. 

"Tenang aja. Kamu nggak perlu gitu. Kamu keren kok," kata David Foster menenangkan juniornya. 

Tepuk tangan dan gelak tawa ribuan penonton yang memenuhi gedung pertunjukkan diberikan pada Dira Sugandi dan David Foster, Kamis malam itu.

 

2 dari 5 halaman

Lagu Whitney Houston

Konser David Foster
David Foster gelar konser di Surabaya dan Solo pada 22 dan 24 Maret 2018. (Foto: Liputan6.com / Telni Rusmitantri)

Dira Sugandi sudah dua kali manggung bersama David Foster di Indonesia. Tahun lalu Dira Sugandi diajak sang maestro manggung di Yogyakarta dengan tajuk konser yang sama. Sebelum konser di Kota Gudeg, Dira pernah diajak David manggung di Singapura. 

Di konser yang dipromotori Rajawali Indonesia Communication, di Surabaya, Kamis malam, Dira Sugandi didapuk membawakan hit-hit milik Whitney Houston dari lagu tema film The Bodyguard. Beberapa adalah ciptaan langsung David Foster khusus untuk film yang dibintangi Kevin Costner dan Whitney Houston itu di tahun 1992. 

Sementara, ada lagu lama yang diaransemen ulang oleh Papa David, panggilan sayang Yura Yunita, artis Indonesia lainnya yang juga diajak manggung bareng. Misalnya 'I Will Always Love You" yang menjadi lagu ikonis film itu dan dikenang sepanjang masa. "Okay, kamu siap dengan nada tinggi," kata David Foster pada Dira Sugandi di jeda baik menuju refrain lagu itu. 

3 dari 5 halaman

Sama Keren dengan Celine Dion

Konser David Foster
David Foster gelar konser di Surabaya dan Solo pada 22 dan 24 Maret 2018. (Foto: Liputan6.com / Telni Rusmitantri)

Medley lagu-lagu Whitney Houston buakan satu-satunya andalan Dira Sugandi saat konser bersama David Foster. Dira ditantang musisi asal Kanada peraih beberapa Grammy Awards itu, untuk menaklukkan hit Celine Dion,"All By My Self". Sejatinya ini nomor lama milik Eric Carmen. Namun di era tahun 1990-an meledak lagi lewat tenggorokan Celine Dion. 

Di atas panggung konser Hitman and His Friends, David Foster menceritakan bagaimana proses rekaman lagu ini. "You know what, di studio waktu rekaman lagu ini, saya minta Celine sampai delapan kali menyanyikan reffrain lagu ini pas nada tinggi. Dan, akhirnya yang saya bungkus (ambil) justru yang take vocal pertama. Hahaha. Saya yakin kamu juga bisa Dira (nada tinggi)," papar David Foster. 

Dan, keyakinan David Foster terbukti. "All By My Self" terasa grande dibawakan Dira Sugandi. "Wow.... You did great job," pujian David untuk Dira. Spontan David Foster berdiri dari kursi grand pianonya. Ribuan penonton memberikan tepuk tangan untuk dua artis di panggung ini.

4 dari 5 halaman

Konser di Solo

David Foster
David Foster jumpa pers bersama dengan Anggun dan Brian McKnight

Anas Syahrul Alimi, promotor musik yang mengibarkan bendera Rajawali Indonesia Communication memuturkan sejak awal, pihaknya memiliki idealisme ingin menyandingkan penyanyi Indonesia dengan David Foster.

"David sendiri yang memilih siapa penyanyi kita yang manggung bareng dia," ungkap Anas Syahrul Alimi, saat jumpa wartawan, di JW Marriott Hotel, Surabaya, Rabu (21//3/2018) sore. 

Untuk konser di 2 kota: Surabaya (22/3) dan Solo (24/3) David mengajak Yura Yunita, Dira Sugandi dan Sandhy Sondoro. Sementara artis internasional yang digandeng adalah Brian McKnight dan Anggun.

Namun di atas panggung konser Hitman and His Friends di Surabaya, Kamis malam, David Foster menyampaikan: "Malam ini spesial karena saya ajak 4 artis dari Indonesia...". Papa David tentu paham, meski Anggung sukses go international, tapi dia tetap berdarah Indonesia. 

5 dari 5 halaman

Di De Tjolomadoe ada Menteri BUMN

Rini Soemarno
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama dengan Anas Syahrul Alimi di Prambanan Jazz Festival 2017

Anas Syahrul Alimi dengan bendera Rajawali Indonesia Communication memanggungkan konser David Foster Hitman and His Friends di dua kota. Sabtu malam ini David Foster dan kawan-kawan akan manggung di De'Tjoomadoe, Solo. Inilah bangunan bekas pabrik giua di jaman penjajahan Belanda dahulu. 

PT PP (persero) Tbk, merevitalisasi bangunan bersejarah itu dan kini bisa menjadi gedung pertunjukkan yang indah. Rencananya,  konser David Foster di De Tjolomadoe, Solo, Sabtu malam, akan ditonton oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Ibu menteri, juga sempat hadir di konser Prambanan Jazz Festival, Agustus 2017, yang juga digelar Rajawali Indonesia Communication. 

Akankah, David Foster dan kawan-kawan bikin pecah konser di kampung presiden Jokowi, Sabtu malam nanti? 

Kita tunggu saja.

Lanjutkan Membaca ↓